4 Keutamaan Bulan Muharram, Nomor 4 Masya Allah Tak Terduga

4 Keutamaan Bulan Muharram, Nomor 4 Masya Allah Tak Terduga – Bulan Syuro atau Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Hijriyyah atau penanggalan Jawa juga. Allah menjadikan bulan ini sebagai bulan yang sangat Mulia meski bagi beberapa orang berpendapat bahwa bulan ini adalah bulan keramat. Bulan yang sakral untuk melakukan berbagai ritual dan ruwatan. Nah, ada beberapa keutamaan bulan Suro yang menjadikannya sebagai bulan istimewa. Keutamaan bulan inilah yang menjadikannya sebagai bulan Mulia di sisi Allah SWT dan umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Apa sajakah? Ini Dia!

4 Keutamaan Bulan Muharram Sebagai Bulan Mulia :

Bulan Muharram Adalah Bulan Pertama

Jelas sudah bahwa keutamaan bulan Muharram yang utama adalah karena bulan ini merupakan bulan pertama. Bulan ini dimulai ketika Umat Bin Khattab melakukan hijrah sehingga dimulai dari situlah peradaban Islam ada. Tanpa adanya Hijrah mungkin saja Islam tidak akan berkembang sampai seperti sekarang ini.

Bulan Muharram sebagai bulan pertama, yang di waktu itu juga dimulai perjalanan hijrah oleh beberapa sahabat, lalu secara besar-besaran para sahabat berbondong-bondong hijrah pada bulan Safar. Hijrah yang diambil sebagai titik tolak peradaban Islam. Maka kalender Islam pun disebut sebagai kalender hijriyah.

Bulan Muharram sang Bulan Haram

Mengapa disebut sebagai bulan haram? Hal ini diterangkan Allah SWT dalam firman-NYA yang berbunyi :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu” (QS. At-Taubah : 36)

Disebutkanlah ada 12 bulan yang dimulai pada bulan Muharram sampai Dzulhijjah dimana ada 4 dari 12 bulan yang dianggap haram yaitu bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab. Bulan Haram adalah bulan yang dimuliakan Allah, mereka memiliki kesucian dan banyak berkah di bulan tersebut apabila anda mau memperbanyak ibadah dan amal saleh.

Puasa di Bulan Muharram adalah Puasa Terbaik

Bukan Ramadhan, tapi justru Puasa di Bulan Muharram. Itulah salah satu keutamaan bulan Muharram dimana jika anda mau berpuasa di bulan tersebut begitu istimewa pahala yang didapatkan. Disunnahkannya puasa tasu’a dan ayura pada bulan ini menjadi keistimewaannya. Bahkan puasa tasu’a dan asyura serta puasa sunnah lainnya (senin kamis, ayamul bidh, puasa daud), nilainya menjadi puasa yang paling mulia setelah Ramadhan.

Sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW berikut ini :

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Rasulullah ditanya mengenai puasa asyura, beliau menjawab, “ia bisa menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Bulan Muharram disebut sebagai Syahrullah

Keutamaan bulan Muharram terakhir yang paling besar adalah Bahwa Bulan ini disebut sebagai bulannya Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW  berikut ini :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Puasa yang paling mulia setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa) di bulan Allah, Muharam” (HR. Muslim)

Dari namanya saja “MUHARRAM” adalah nama yang paling ISLAMI diantara semua bulan lainnya yang ada sejak zaman jahiliyah. Dulunya, bulan ini disebut sebagai Shafar awwal, lalu di zaman Islam dinamakan bulan Muharram.

Itulah 4 keutamaan bulan Muharram yang bisa anda ketahui. Semoga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan bagi kita semua. AMIN. BARAKALLAH

2,331 kali dilihat, 18 kali dilihat hari ini

Artikel Lainya:

  • tentang sunan sunan di bulan muharram
  • no keberuntungan di bulan suro
  • keutamaan bulan muharram
  • https://www walisembilan com/4-keutamaan-bulan-muharram-nomor-4-masya-allah-tak-terduga/
  • muharroman zaman wali sanga
  • muharram masya
  • masya mohram
  • maharram masya
  • kejadian yg keramat lan karomah di bulan muharrom
  • keistimewaan bulan muharram
  • Karomah bulan muharram
  • Alasan di muliakan nya bulan muharram

Tinggalkan Balasan