5 Ajaran Sunan Kalijaga Dalam Menjalani Kehidupan Sebagai Orang Islam Jawa

5 Ajaran Sunan Kalijaga Dalam Menjalani Kehidupan Sebagai Orang Islam Jawa – Sunan Kalijaga adalah salah satu Sunan yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan agama Islam di Tanah Jawa. Sosok Sunan yang membawakan Islam ke negeri ini dengan bernafaskan Seni ini memang memiliki banyak sekali warisan berupa Ilmu dan Ajaran ajaran tentang kehidupan. Kanjeng Sunan Kalijaga mengolaborasikan antara teologi Islam dengan tradisi budaya Jawa. Kanjeng Sunan juga seringkali diidentikkan dengan tokoh penyebar agama Islam yang mistis. Kesaktiannya dalam Ilmu Ilmu Kanuragan pun tidak perlu diragukan lagi.

Ada beberapa ajaran Sunan Kalijaga dalam mengarungi kehidupan ini sebagai seorang Islam yang dilahirkan di Tanah Jawa. Ajaran inilah yang bisa menjadi pegangan bagi kita untuk menjaga iman dan menjaga Islam kita. Berikut Lima (5) ajaran Sunan Kalijaga yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari!


Ajaran Sunan Kalijaga dalam 5 Konsep Kehidupan

MARSUDI AJINING SARIRA

Ajaran Sunan Kalijaga yang Pertama yaitu marsudi ajining sarira. Dalam ajaran ini berarti Kanjeng Sunan Kalijaga mengajak kita untuk menghargai diri sendiri, kemudian setelah kita baru menghargai orang lain.

MANEMBAH

Ajaran kedua yaitu manembah yang artinya menyembah. Dalam hal ini, Kanjeng Sunan Kalijaga mengajak kepada kita untuk menyembah Allah Swt sebagai Tuhan pencipta alam semesta. Menyembah juga berarti mematuhi segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah Swt yang tercantum dalam Al Quran maupun hadis.

MANGABDI

Mangabdi berarti mengabdi atau bakti di mana dalam hal ini Kanjeng Sunan Kalijaga mengajak kita untuk berbakti kepada orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Islamcendekia.com sendiri kemudian menafsirkan lagi, bahwa mangabdi yang dimaksud Kanjeng Sunan Kalijaga juga berarti berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.

MAGURU

Keempat, Maguru. Maguru secara literal-bahasa berarti berguru. Dengan ajaran Sunan Kalijaga ini, beliau mengajak kepada kita untuk belajar dan mencari ilmu.

MARTAPA

Ajaran Kelima, martapa dimana Secara bahasa, martapa berarti bertapa. Kanjeng Sunan Kalijaga mengajarkan kita untuk memiliki laku prihatin, hidup sederhana dan tidak berlebihan.

Sebagai seorang Jawa yang memeluk agama Islam maka kita harus berpegang pada lima konsep tersebut. Kita perbanyak menyembah Allah, mendekatkan diri kepada ALLAH lewat dzikir, wirid dan ibadah sunah apalagi ibadah wajib. Kita juga harus banyak tirakat dalam menjalani hidup, prihatin pada keadaan, tidak berlebihan meski kita adalah orang yang cukup dalam hal materi/ keuangan. Konsep hidup sederhana adalah ajaran Sunan Kalijaga yang amat berharga.

Lima ajaran Kanjeng Sunan Kalijaga ini yang mesti dicontoh, ditiru dan diteladani oleh generasi bangsa Indonesia sekarang. Generasi bangsa yang siap untuk menghargai diri sendiri dan orang lain, beribadah kepada Allah, berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara, terus mencari ilmu dan generasi yang hidup prihatin atau tidak berlebihan.

Demikian semoga bermanfaat untuk Anda, BARAKALLAH.

Ingin menggunakan sarana TASBIH KAROMAH WALI sebagai sarana untuk wirid dan dzikir segala Hajat? YUK KLIK DIBAWAH INI!