6 Bacaan Shalawat Nabi Paling Utama dan Paling Sering Diamalkan

6 Bacaan Shalawat Nabi Paling Utama dan Paling Sering Diamalkan – Meski jenis shalawat nabi sendiri sangatlah banyak, namun ternyata ada beberapa bacaan shalawat yang utama. Ada sekitar 6 shalawat nabi yang dikatakan sering diamalkan. Baik sebagai wirid, dzikir shalawat ataupun doa doa khusus shalawat. Orang biasa mengetahui shalawat Nabi dengan bacaan “SHOLLALLOHU A’LA MUHAMMAD” maka kali ini beda. Sebuah bacaan Shalawat Nabi yang cukup panjang dengan masing masing keutamaannya atau khasiatnya.

Adapun ke 6 Bacaan Shalawat Nabi yang biasa diamalkan dan paling utama adalah sebagai berikut!

6 Bacaan Shalawat Nabi beserta Keutamaannya

Shalawat Nariyah

Bacaan shalawat Nabi pertama yang dikatakan paling istimewa adalah bacaan shalawat Nariyah. Orang percaya jika membacanya sebanyak 4.444 kali dalam satu hari maka dirinya akan mendapatkan segala kemudahan dalam hidupnya. Bunyi sholawat Nariyah sendiri adalah :

اَللهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامَّاعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

ALLAAHUMMA SHOLLI SHOLAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL LADZII TANHALLU BIHIL’UQODU WATANFARIJU BIHILKUROBU WATUQDHOO BIHILHAWAAIJU WATUNAALU BIHIR ROGHOOIBU WAHUSNUL KHOWAATIMI WAYUSTASQAAL GHOMAAMU BIWAJHIHILKARIIMI WA’ALAA AALIHII WASHOHBIHII FII KULLI LAMHATIN WANAFASIN BI’ADADI KULLI MA’LUUMIN LAKA.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Bacaan shalawat Nabi yang satu ini diciptakan oleh Syekh Nariyah. Barang siapa mau mengamalkan shalawat Nariyah setiap hari minimal sebanyak 100 kali secara istiqomah maka ia akan mendapatkan kelancaran rezeki, dimudahkan urusannya, Dijauhkan dari penyakit dan bahaya, dan Dikabulkan hajatnya.

Shalawat Fatih

Bacaan shalawat Nabi berikutnya yang juga diutamakan adalah sholawat Fatih.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

ALLAHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMADDINIL FATIHI LIMA UGHLIQO WAL KHOTIMI LIMA SABAQO, NASHIRIL HAQQI BIL HAQQI WAL HADI ILA SHIROTIKAL MUSTAQIM WA ALA ALIHI HAQQO QODRIHI WA MIQ DARIHIL ADZIM

ARTINYA :

Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

Adapun keutamaan bacaan shalawat Nabi yang ini adalah :

  1. Untuk bisa bertemu dengan Rasulullah SAW di dalam mimpi.
  2. Untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah SAW di akhirat kelak.
  3. Untuk menghilangkan segala kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit.
  4. Untuk mengahups dosa-dosa kecil.

Shalawat Quthbul Aqthob

Bacaan shalawat Nabi yang satu ini memang agak asing di telinga kita. Namun siapa sangka shalawat ini menjadi salah satu sholawat yang ditamakan. Adapun bunyi sholawat Quthbul Aqthob adalah sebagai berikut :

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ

ALLAHMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN FIL AWWALIIN WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL AAKHIRIINAA WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN FINNABIYYIN WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL MURSALIIN, WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL MALAIL A’LAA ILAA YAUMIDDIIN.

ARTINYA :

Ya Allah, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan serta berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat.

Bacaan Shalawat Nabi ini memiliki keutamaan Untuk menyembuhkan penyakit panas, pusing, dan batuk juga Untuk menyembuhkan penyakit gila serta penyakit-penyakit lainnya.

Sholawat Mukafaah

Bacaan sholawat Nabi ini memiliki keutamaan untuk mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat. Adapun bacaannya yaitu :

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ

ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYIDINA MUHAMMADIN WA ‘ALA ALIHI SAYIDINA MUHAMMAD, SHOLATAN MAQBULATAN TU,ADDI BIHA ‘ANNA HAQQOHUL ‘ADZIM

ARTINYA :

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.

Sholawat Ibrohimiyah

Bacaan sholawat yang satu ini sangat luar biasa, dimana keutamaannya yaitu untuk :

  • Untuk mendapatkan rahmat dan keselamatan dunia dan akhirat.
  • Untuk mendapatkan segala macam kebutuhan hidup dunia dan akhirat.
  • Untuk mendatangkan segala macam hajat dan dapat mempercepat tercapainya semua cita-cita.
  • Untuk menarik dan memperluas rizki dengan sebanyak-banyaknya.
  • Untuk mendapatkan kewibawaan yang sangat besar terhadap orang lain.

Adapun bunyi sholawat ibrohimiyah adalah :

ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIMA WA’ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAHIIA WABAARIK ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA ‘ALAA SAYYIDINAA ’ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIMA WA ‘ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIMA, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN.

Artinya :

Ya Allah , berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Sholawat Ma’tsuroh

Shalawat nabi ma’tsuroh adalah shalawat yang kalimat, cara membaca, waktu membaca serta keutamaannya sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

ALLAAHUMMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIYYI WA ‘ALAA AALIHI WASALLIM

ARTINYA :

Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.

Itulah 6 bacaan shalawat nabi yang utama dengan fadilah yang luar biasa. Semoga bermanfaat untuk anda, BARAKALLAH.

1,243 kali dilihat, 22 kali dilihat hari ini

Artikel Lainya:

  • sholawat yang paling utama
  • shalawat yang paling utama
  • sholawat nabi yg utama
  • sholawat paling sempurna
  • bacaan sholawat paling utama
  • bacaan sholawat matsuroh
  • sholawat yg sering di wirid
  • sholawat paling utama
  • sholawat yg paling utama diantara sholawat lain
  • solawat yng plng utama
  • stiap bacaan shalawat ada kodam nya
  • sholawat nabi yg banak di amalkan
  • sholawat nabi paling awal
  • shalawat yg paling sering orang nyayikan 2017
  • shalawat yang utama
  • Allahuma sholigala sayidina muhammadin alfatikhi lima ukliko wal khotimi lima sabakho nasiril hakqi bil hakqi Walhadi ila sirotikal mustakim wangala alihi hakqo kodrihi wamikdarihil ngadim dan artinya
  • allahumma sholli ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi
  • amalan sholawat yang paling utama
  • bacaan salawat yg utama
  • bacaan shalawat Nabi yang paling istimewa
  • bacaan shalawat ysng paling afdhal
  • bacaan sholawat khusus wirid
  • cara dzikir sholawat nabi
  • contoh bacaan shalawat yang diamalkan
  • salawat nabi yg sering dipakai
  • shalawat paling utama
  • shalawat yang paling afdhal
  • tata cara dzikir sholawat ibrohimiyah

Tinggalkan Balasan