6 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan oleh Allah SWT, Mari Perbaiki Cara Doa

6 Penyebab Doa Tidak Dikabulkan oleh Allah SWT, Mari Perbaiki Cara Doa – Dalam beribadah kepada Allah, mungkin anda tidak henti-hentinya berdoa kepada-NYA untuk meminta apapun. Mungkin juga pernah anda merasa bahwa anda sudah banyak memanjatkan doa, selalu berusaha mendekatkan diri kepada-NYA selalu beribadah hanya kepada-NYA. Namun doa yang anda panjatkan sampai saat ini belum diijabah / dikabulkan oleh Allah.

Sebenarnya ada beberapa penyebab doa tidak dikabulkan, dan inilah yang menjadi alasan mengapa meski sudah banyak berdoa namun doa tak kunjung terkabul. Dan berikut 6 penyebab doa tidak segera dikabulkan oleh ALLAH SWT.

Dosa di Masa Lampau

Dosa di masa lampau mungkin juga menjadi penyebab doa tidak dikabulkan. Kurang istighfar, kurang introspeksi diri adalah salah satu pendukung tidak terkabulnya doa doa yang sudah dipanjatkan. Manusia memang tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Namun Allah senantiasa membuka pintu maaf-Nya karena Allah Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Tetapi manusia lebih sering lalai dan tidak segera bertaubat. Jadi jika ingin doa segera dikabulkan lebih baik bersihkan hati dan pikiran kita dengan membasahi lisan kita lewat Istighfar dan bertaubat kepada-NYA.

Berdoa Untuk Hal yang Tidak baik

Mungkin ungkapan “Sesuatu yang kita sukai amatlah buruk bagi kita dimata Allah, mungkin juga sesuatu yang kita benci amatlah baik bagi kita di mata Allah” adalah benar. Mungkin kita memandang doa kita sudah benar, sudah baik akan tetapi menurut Allah doa kita belum tepat untuk kita. Namun sebuah hadist menjelaskan :

“Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa.” Seorang sahabat bertanya; ‘Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ‘ Rasulullah Saw menjawab: ‘Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan’. Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.” (H.R.Muslim)

Kurang Sungguh-sungguh

Penyebab doa tidak dikabulkan Allah adalah karena cara kita berdoa kurang sungguh sungguh atau tidak serius. Bisa saja hati kita kosong, tidak etrtanam keyakinan pada diri kita. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad bersabda : “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (H.R. At-Tirmidzi)

Jika kita berdoa dalam hati yang kosong sama artinya kita tidak fokus terhadap apa yang kita ucapkan kepada Allah SWT. Tidak ada bedanya dengan ketika kita berbicara kepada sesama manusia tapi kita tidak melihat ke arah indera matanya. Karena itulah Allah tidak mengabulkan doa orang yang tak bersungguh sungguh dalam meminta.

Meninggalkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Ketika manusia meninggalkan amal baik, tidak mau sedekah tidak mau membantu sesame dan justru sering melakukan kemaksiatan tentu doa kita tidak akan dikabulkan oleh-NYA. Ini menjadi salah satu penyebab doa tidak dikabulkan. Dari Hudzaifah bin Al Yaman dari Rasulullah SAW  bersabda yang artinya:

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, hendaknya kalian beramar ma’ruf dan nahi munkar atau jika tidak niscaya Allah akan mengirimkan siksa-NYa dari sisi-Nya kepada kalian, kemudian kalian memohon kepada-Nya namun do’a kalian tidak lagi dikabulkan.” (H.R. At-Tirmidzi)

Akan diganti dengan yang lebih baik lagi

Sebab doa tidak dikabulkan adalah karena Allah akan mengganti permintaan kita tersebut dengan hal yang lebih baik lagi. Mungkin saja doa yang kita panjatkan tidak baik bagi kita, namun Allah lebih tau apa yang terbaik bagi hamba-NYA.

Ditunda Pengabulannya

Bukan tidak dikabulkan, mungkin ALLAH menundanya karena menunggu waktu yang tepat. Ingatlah ungkapan “Semua akan indah pada waktunya”. Ya, hal itu memang benar adanya. Ada kemungkinan sebenarnya doa yang kita panjatkan keharibaan Allah SWT bukanlah tidak dikabulkan, melainkan hanya sedang ditunda oleh Allah SWT. Setiap doa memang berbeda-beda. Ada yang segera dikabulkan, ada juga yang lambat. Ada yang dikabulkan di dunia, ada jua yang Allah janjikan nanti di akhirat.

Itulah penyebab doa tidak segera dikabulkan Allah. Semoga kita bisa memperbaiki diri kita, cara berdoa kita yang mungkin salah mari kita  benahi. Semoga bermanfaat, BARAKALLAH.

284 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan