Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Amalan Utama Menggapai Lailatur Qodar

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Amalan Utama Menggapai Lailatur Qodar – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, bulan yang sangat istimewa. Terlebih di 10 hari terakhir, dimana salah satu malam di 10 hari terakhir bulan Suci Ramadhan disebutkan terdapat malam yang lebih mulia daripada 1000 bulan. Malam tersebut biasanya turun di malam malam ganjil, dan disebut sebagai malam Lailatul Qodar. Dan di malam itulah umat muslim dunia dianjurkan untuk memperbanyak amalan amalan sunnah.

Nah, amalan 10 hari terakhir Ramadhan seperti apakah yang sangat dianjurkan sehingga kita dapat menggapai berkah malam Lailatul Qodar? Berikut 3 amalan 10 hai terakhir Ramadhan yang sangat utama.


3 Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan Yang Utama

Sholat Malam/ Qiyamul Lail

Sholat malam bisa berupa apa saja, baik itu sholat tahajud, sholat witir, sholat hajat atau bahkan banyak orang yang mengatakan melaksanakan sholat tasbih dapat mendatangkan fadhilah yang besar. Terlebih di 10 malam terakhir Ramadhan. Rasulullah SAW tidak pernah melewatkan salat malam ketika bulan Ramadhan, bahkan di 10 malam terakhir Ramadhan beliau menambahkan jumlah ibadahnya dibanding 20 malam pertama bulan Ramadan.

Memperbanyak Membaca Al Quran

Amalan 10 hari terakhir Ramadhan berikutnya yang juga diutamakan adalah tadarus Al Quran terlebih dapat meresapi maknanya. Bahkan banyak ulama yang menganjurkan agar dapat mengkhatamkan 30 juz Al Quran dalam 10 hari terakhir. Itu artinya, setiap hari minimal Anda harus membaca 3 juz agar selesai 30 juz selama 10 hari.

I’tiqaf di Masjid

Amalan 10 hari terakhir Ramadhan berikutnya yaitu melakukan I’tikaf di masjid. Jika tidak bisa sepuluh malam penuh melakukan I’tikaf, paling tidak di malam malam ganjil. I’tikaf berarti berdiam diri di dalam masjid, mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbanyak dzikir dan sholat sunnah atau bahkan melakukan tadarus Al Quran di dalam masjid. Namun biasanya I’tikaf lebih dianjurkan untuk laki-laki, jika wanita ditakutkan bisa mengundang fitnah dan mengingat faktor keamanan.

Itulah 3 Amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang diutamakan, semoga bermanfaat untuk Anda. BARAKALLAH.