Amalan Bulan Muharram Untuk Mendapatkan Berkah dan Keberuntungan

Amalan Bulan Muharram Untuk Mendapatkan Berkah dan Keberuntungan – Bulan Muharram atau Bulan Suro (dalam penanggalan Jawa) merupakan bulan suci yang juga dinanti nanti oleh para umat Islam dan kalangan masyarakat Jawa khususnya. Orang Jawa mengatakan bahwa bulan Suro adalah bulan keramat, bulan penuh kesakralan dan bulan yang keramat. Mengenai mengapa bulan Suro dianggap keramat sebelumnya sudah kami singgung pada artikel sebelumnya.

Coba Baca : Mitos Bulan Suro, Mengapa Bulan Suro Dikeramatkan?

Namun menurut Islam berbeda dimana keyakinan agama Islam menyatakan bahwa begitu banyak berkah di bulan Muharram apabila seseorang mau melakukan amalan bulan Muharram atau amalan bulan Suro. Jadi, tak hanya melakukan serentetan ritual buang sial bagi suku Jawa, namun ada beberapa amalan yang bisa dilakukan. Amalan ini begitu besar pahalanya bahkan diyakini dapat membawa keberuntungan di setahun ke depan.

Muharram adalah bulan awal di tahun Hijriyah, artinya tahun baru Islam jatuh pada bulan tersebut. Sungguh bulan yang penuh rahmat, berkah dan pengampunan. Mari pelajari amalan bulan Muharram untuk mendatangkan rahmat ALLAH SWT, Berkah dan hidayah-NYA.

Amalan Bulan Muharram Lengkap

Menurut para ulama Syafi’iyah sudah mengklasifikasikan jenis amalan Bulan Muharram yang semestinya diperbanyak, yaitu ada 12 diantaranya :

  1. Mandi besar / mandi wajib menyucikan diri
  2. Melakukan shalat sunnah hajat dan tahajud setiap malam
  3. Berpuasa sunnah bulan Muharram
  4. Menyambung silaturrahim dengan keluarga dan sanak saudara
  5. Berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal),
  6. Bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim
  7. Memakai celak mata bagi wanita ataupun pria
  8. Menjenguk orang sakit (jika ada)
  9. Menambah nafkah keluarga
  10. Memotong kuku
  11. Mengusap kepala anak yatim
  12. Membaca surat al-ikhlas sebanyak 1000 kali setiap malam.

Itulah ke 12 amalan bulan muharram yang harusnya diperbannyak apabila datang bulan tersebut. Selama sebulan penuh jika dilakukan maka anda akan mendapatkan banyak berkah dan keberuntungan dalam hidup. Dipermudah jalan hidupnya oleh Allah SWT, diberikan kemudahan dalam mencari nafkah atau rezeki.

Dasar Hukum Melakukan Amalan Bulan Muharram

Ada sebuah hadist yang membenarkan adanya 12 amalan bulan Muharram atau amalan bulan Suro tersebut. Diantaranya :

Artinya : Ada 10 amalan di dalam bulan asyura, yang ditambah lagi 2 amalan lebih sempurna. Puasalah, sholatlah,sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bershadaqah dan mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surat al-Ikhlas 1000 kali.

Hadist tersebut sebenarnya adalah untuk mempermudah ingatan, sebagian ulama menuliskannya dalam bentuk nadzam yang dinukil dari Syaikh Abdul Hamid dalam kitabnya Kanzun Naja was Surur Fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur.

Demikian amalan bulan Muharram yang bisa kami sampaikan, semoga dapat menjadi amalan yang bisa membawa kita menuju rahmat, ridho dan berkah-NYA. BARAKALLAH.