5 Amalan di Bulan Ramadhan Dilipatgandakan Pahalanya, Jangan Sampai Terlewat!

5 Amalan di Bulan Ramadhan Dilipatgandakan Pahalanya, Jangan Sampai Terlewat! – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan penuh berkah, tiada bulan yang lebih mulia dari-nya, karena pada malam itu Allah menurunkan kalam sucinya, di dalamnya juga banyak keutamaan tersendiri yang telah termuat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist. Maka kita juga harus memperlakukannya dengan istimewa. Ibarat tamu istimewa yang datang mengunjungi kita, kitapun memberikan pelayanan yang terbaik, khidmat yang terbaik untuk tamu istimewa tersebut. Seperti itulah bulan Ramadhān yang datangnya satu tahun sekali. Maka sungguh sangat merugi orang-orang yang diberi kesempatan bertemu dengan bulan Ramadhān tetapi tidak dia manfaatkan sebaik-baiknya, sehingga bulan Ramadhān berlalu begitu saja tanpa makna. 
 
Dan merupakan hal yang sia-sia jika pada kesempatan bulan Ramadhan ini kita tidak berlomba-lomba mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Umur seseorang hanya Allah SWT yang mengetahuinya, selagi kita masih bertemu bulan Ramadhan bulan seribu bulan ini, sangat beruntung bagi umat muslim yang mau menjalankan sunnah-sunnah demi mengejar pahala. 
 
Lalu amalan apa saja yang harus kita lakukan untuk menyambut dan mengisinya? 

Amalan di Bulan Ramadhan Dilipatgandakan

Berpuasa

Mungkin sudah banyak diketahui kewajiban mengerjakan puasa di bulan Ramadhan. Sebab mengerjakan puasa di bulan Ramadhan, pahalanya akan dilipatgandakan dengan amalan lainnya karena bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia.

Sholat Tarawih dan witir

Memang sholat tarawih dan witir adalah sholat sunnah. Namun jika kita mengerjakannya, maka tidak cuma memperoleh pahala yang besar dan berlipat ganda saja, tapi kita juga bisa menjalin silaturahmi dengan masyarakat. Sholat tarawih juga dapat menghapus dosa masa lalu yang pernah dibuat.

Tadarus Al Qur’an

Allah memberikan satu kebaikan untuk satu huruf yang telah dilantunkan saat tadarus Al Qur’an. Maka, sangat dianjurkan untuk bertadarus Al Qur’an dan memahami setiap ayat yang dibaca.

Bersedekah

Kita bisa memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan amalan mudah bersedekah pada fakir miskin. Dengan demikian rezeki dan pahala kita akan dilipat gandakan.

I’tikaf

I’tikaf umumnya dipahami sebagai ritual berdiam diri di masjid selama bulan Ramadhan. Di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan Rasululullah SAW melakukannya bersama istri. Sehingga kitapun bisa melakukan amalan ini untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Demikian 5 amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan yang dilipatgandakan pahalanya. Semoga bisa beristiqomah dan semakin dekat dengan Allah SWT. Aamiin