Amalan Penghapus Dosa Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Amalan Penghapus Dosa Menurut Ajaran Rasulullah SAW – “Manusia tidak luput dari salah dan dosa” adalah ungkapan yang seringkali kita dengar dan kita tidak menampik alih-alih menerima kebenaran tersebut. Ya, diakui atau tidak setiap harinya manusia pasti melakukan kesalahan dan berujung pada bertambahnya dosa.

Dengan bertambahnya dosa manusia setiap hari, jika tidak ada usaha untuk memperbaikinya maka secara tidak langsung manusia hidup untuk dosa. Oleh karena itu, hendaknya sebagai manusia yang beriman untuk berusaha menghapus sedikit demi sedikit dosa yang sudah pernah dilakukan.

Diantara semua dosa yang pernah dilakukan pasti akan ada beberapa dosa besar yang telah dilakukan. Yang mana dosa tersebut akan lebih susah untuk dihapus. Oleh karena itu, ada amalan penghapus dosa yang bisa diamalkan oleh manusia.

Bagi orang yang masih diberikan nikmat iman meskipun hanya sedikit tentu akan peka terhadap setiap maksiat ataupun hal-hal buruk yang pernah dilakukan dalam hidupnya.

Secara natural seseorang akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman dan cenderung gelisah jika telah melakukan hal buruk semisal marah, lalai dalam menjalankan sholat, tidak menepati janji, dan lain sebagainya. Pastikan Anda adalah termasuk ke dalam muslim yang beriman.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA :


Ciri Muslim Yang Beriman

Ibnu Mas’ud Rahimahullah, beliau berkata :

إِنَّ الْمُؤْمِنَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَأَنَّهُ قَاعِدٌ تَحْتَ جَبَلٍ يَخَافُ أَنْ يَقَعَ عَلَيْهِ ، وَإِنَّ الْفَاجِرَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَذُبَابٍ مَرَّ عَلَى أَنْفِهِ

Artinya : “Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan ia duduk di bawah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. Sedangkan seorang yang fajir (yang gemar maksiat), ia akan melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya.

Dari hadits tersebut menunjukkan perbedaan antara orang beriman dan seorang pendosa. Bagaimanakah selama ini kita memposisikan sebuah dosa? Apakah menganggapnya sesuatu yang berat atau sesuatu yang enteng? Sebaiknya sebagai seorang muslim, hendaknya kita selalu anggap dosa sekecil apapun sebagai sebuah dosa besar.

Kemudian, di bawah ini akan dijelaskan amalan penghapus dosa apa saja yang bisa dilakukan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW

Amalan Penghapus Dosa

Membaca Tasbih (Subhanallahi Wabihamdihi) sebanyak 100 kali

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

وَمَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

Artinya : “Barang siapa membaca Subhanallahi Wabihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) sebanyak seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.”

Cara mengamalkannya ialah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sebanyak 100x kecuali di tempat yang dilarang, seperti kamar mandi)

Seputar amalan bacaan tasbih ini selanjutnya dijelaskan oleh Ath-Thayyibi rahimahullah. Beliau berkata :

سواء كانت متفرقة أو مجتمعة، في مجلس أو مجالس، في أول النهار أو آخره، إلا أن الأولى جمعها في أول النهار.

Artinya : “Sama saja apakah bacaan tersebut (subhanallah 100 kali) terpisah atau dalam satu kali bacaan, dalam satu majelis atau dalam beberapa majelis. Di awal siang atau di akhir siang. Akan tetapi yang lebih baik adalah mengumpulkannya di awal siang.”

Berdasarkan hal di atas, pembacaan amalan ini bukan berarti harus diselesaikan dalam satu majlis, namun dapat dibagi menjadi beberapa waktu sehingga dapat terakumulasi menjadi 100 setiap harinya.

Amalan ini dapat dilakukan setiap hari. Namun, perlu diingat bahwa dosa yang dihapuskan adalah berkaitan dengan dosa yang langsung kepada Allah SWT. Adapun untuk dosa kepada anak adam (manusia) haruslah diselesaikan dengan yang bersangkutan.

Selain itu, dosa yang dapat dihapus dengan amalan ini adalah berupa dosa kecil, sedangkan untuk dosa-dosa besar dapat dilakukan dengan amalan sholat taubat dua rakaat.

Bagi Anda yang ingin menggunakan sarana Spiritual dari Kang Masrukhan untuk memperlancar rezeki, membuka aura kerezekian, kesuksesan dan melancarkan pekerjaan. Maka silahkan Anda bisa gunakan sarana TASBIH KAROMAH.

Untuk mendapatkan Tasbih Karomah, silahkan hubungi admin Kang Masrukhan di 082223338771 atau 085712999772

Info selengkapnya langsung KLIK DIBAWAH INI!