amalan-rasulullah-dalam-berdagang

Amalan Rasulullah dalam Berdagang, Rezeki Melimpah dan Barokah

Amalan Rasulullah dalam Berdagang, Rezeki Melimpah dan Barokah – Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan. Sehingga kunci sebenarnya jika anda ingin cepat memperoleh rezeki cara termudahnya adalah dengan berdagang. Cara termudah bukan berarti anda lantas tanpa usaha dan tidak menemui cobaan dalam melakukannya.  Salah satu cobaan yang mungkin terjadi jika anda memutuskan untuk berdagang adalah sedikitnya jumlah pembeli. Sehingga alangkah lebih baiknya jika anda melakukan beberapa amalan Rasulullah dalam berdagang berikut ini.

Amalan Rasulullah dalam Berdagang

  1. Mencapai lillahi ta’ala

Lillahi ta’ala artinya hanya karena Allah semata. Berdaganglah untuk mendapatkan ridhonya. Jika anda seorang kepala keluarga maka niatkan anda berdagang untuk memberi nafkah pada keluarga. Dan dalam berdagang utamakan untuk mengejar akhirat.

  1. Jujur merupakan aset paling utama

Berikut ini adalah hadist Rasulullah tentang pentingnya kejujuran dalam berdagang.

Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq RA ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda : “Wajib atasmu berlaku jujur, karena jujur itu bersama kebaikan, dan keduanya di surga. Dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena dusta itu bersama kedurhakaan, dan keduanya di neraka”. [HR. Ibnu Hibban di dalam Shahihnya].

  1. Tepati janjimu

“Dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.’ QS. Al-Isra’: 34. ‘dan penuhilah janji Allah.’” (QS. Al-An’am: 152).

Hal yang dilakukan juga oleh Rasulullah adalah menepati janjinya. Jangan pernah menjual apa yang sebenarnya masih anda ragukan. Misalnya anda mengaku menjual buah manis, maka anda harus benar-benar pastikan buah yang dijual memang manis.

Dengan mengamalkan hal-hal yang dilakukan Rasulullah tersebut, Insya Allah anda akan diberikan kelimpahan rezeki dari jalur berdagang. Semoga bermanfaat.