Berikut Ini Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Untuk Hidup Lebih Baik

Berikut Ini Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Untuk Hidup Lebih Baik – Kehidupan manusia di dunia ini tentulah beragam, salah satunya adalah ujian kehidupan dari Allah SWT kepada hamba-hambanya, yang bertujuan untuk menguji keimanan hambanya. dengan begitu, jika mereka bisa melewati ujian, maka insha Allah mendapatkan balasan surga, sementara bagi yang gagal melewati ujiannya, ada baiknya kita untuk terus memperbaikinya,

Namun kadang-kadang, adanya ujian hidupm membuat pikiran dan hati menjadi tidak karuan, namun tak perlu khawtir, ada beberapa ajaran Islam yang bisa anda lakukan guna membersihkan hati dan pikiranmu, agar bisa menjalani hidup dengan tenang. Dengan begitu, anda dapat menjalani ujian kehidupan dengan sangat bijak.

Berikut ini cara membersihkan hati dan pikiran guna untuk hidup lebih baik.


Baca Juga :

Cara Menghilangkan Energi Negatif Dengan Dzikir [DATANGKAN KEBERUNTUNGAN]

Bacaan Sholawat Munjiyat Dan Keutamaannya Meluaskan Rezeki


Dzikir

Terusik dengan berbagai hal negatif ? anda bisa melakukan kegiatan dzikir untuk mengingat Allah SWT. Firman Allah SWT :

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ 

Artinya : “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram” (Qs Ar-Ra’du 28)

Membaca Al-Qur’an

Jika anda mengalami banyak masalah, anda sebaiknya sering-seringlah membuka Al Qur’an, dengan begitu selain menjadi ladang pahala, anda juga bisa mendapatkan ketenangan hati di setiap lantunan ayat suci ini.

ٱللَّهُ نَزَّلَ أَحۡسَنَ ٱلۡحَدِيثِ كِتَٰبٗا مُّتَشَٰبِهٗا مَّثَانِيَ تَقۡشَعِرُّ مِنۡهُ جُلُودُ ٱلَّذِينَ يَخۡشَوۡنَ رَبَّهُمۡ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمۡ وَقُلُوبُهُمۡ إِلَىٰ ذِكۡرِ ٱللَّهِۚ ذَٰلِكَ هُدَى ٱللَّهِ يَهۡدِي بِهِۦ مَن يَشَآءُۚ وَمَن يُضۡلِلِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِنۡ هَادٍ 

Artinya : “Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpin pun” (Q. S. Az Zumar : 23)

Sedekah

Dengan bersedekah, secara tidak langsung dapat membersihkan hati dan pikiran, bila dilakukan dengan ikhlas. Beberapa keutamaan sedekah ini di antaranya tertuang dalam berbagai hadist dan Al Qur’an :

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim) 

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari Muslim)

إِنَّ ٱلۡمُصَّدِّقِينَ وَٱلۡمُصَّدِّقَٰتِ وَأَقۡرَضُواْ ٱللَّهَ قَرۡضًا حَسَنٗا يُضَٰعَفُ لَهُمۡ وَلَهُمۡ أَجۡرٞ كَرِيمٞ 

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak” (QS. Al Hadid: 18)

Silaturahmi

Allah menjanjikan rezeki yang lebih luas, panjang umur dan memasukkan hambanya ke surga, bagi orang yang suka bersilaturahmi kepada orang-orang terdekat maupun menjaga silaturahmi dengan yang lainnya. Dalam hadist dikatakan:

“Barang siapa menjamin untukku satu perkara, aku jamin untuknya empat perkara. Hendaklah dia bersilaturahmi (menjalinkan hubungan baik) niscaya keluarganya akan mencintainya, diperluas baginya rezeki, ditambah umurnya dan Allah SWT memasukkan ke dalam surga.”(HR. Ar-Rabii)

Demikian beberapa cara memberishkan hati dan pikiran yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat bagi kita semua.