Cara-Memilih-Calon-Suami-Menurut-Islam

4 Hal Penting dalam Cara Anda Memilih Calon Suami Menurut Islam

4 Hal Penting dalam Cara Anda Memilih Calon Suami Menurut Islam – Sebagai seorang wanita tentu menginginkan agar mampu berjodoh dengan seorang laki-laki yang baik dan mampu bertahan hingga maut memisahkan. Dengan begitu bahwa sebelum menikah, seorang wanita harus mampu memilih calon suami yang benar-benar baik.

Tentu kita sering melihat bagaimana kehidupan rumah tangga yang banyak sekali permasalahan. Di mana permasalahan tersebut datang dari kedua belah pihak yang tidak cocok satu sama lain karena kepribadian dan pemikiran yang tidak sejalan.

Untuk lebih meyakinkan Anda sebagai seorang perempuan dalam memilih calon suami, berikut kami sajikan cara memilih calon suami menurut Islam.


BACA JUGA :


Cara Memilih Calon Suami Menurut Islam

  • Pertama, menikahlah dengan laki-laki yang mencintai Anda, beragama dan berakhlak baik.

Sebenarnya syarat satu ini sudah sangat lazim dan terkesan mainstream. Lebih dari itu, banyak pula orang yang berbondong-bondong ingin mematahkan syarat utama ini. Dengan dalih bahwa agama itu sudah tidak lagi menjadi yang utama dalam membina rumah tangga. Selama kedua belah pihak masih sama-sama mencintai.

Namun nyatanya tidak seperti itu. Agama itu adalah sebuah pondasi. Karena orang yang benar-benar taat kepada agamanya, maka prinsip-prinsip kehidupan akan berpondasi pada agama masing-masing. Bisa dibayangkan bagaimana kehidupan rumah tangga yang saling memaksakan prinsip yang diyakininya. Tentu akan penuh dengan permasalahan.

  • Kedua, menikahlah dengan laki-laki yang mampu menjaga diri, lemah lembut, cepat berpikir, dan mampu mengambil keputusan yang tepat.

Terlihat sangat muluk-muluk, tapi ini memang penting. Lalu, bagaimana jika sikap tersebut di atas terlihat sebelum menikah namun setelahnya berubah setelah menikah?

Kembali lagi pada poin pertama, bahwa selama Anda yakin orang tersebut sholeh dan berpegang pada prinsip agama. Maka Insya Allah akan mampu bertahan.

  • Ketiga, menikahlah dengan orang yang sepadan. Baik status sosial, nasab, harta, ilmu dan imannya.

Ini penting, apalagi jika Anda adalah wanita yang tumbuh dari keluarga yang kaya. Biasanya, seorang suami tak ingin terlihat lebih rendah dari istrinya.

Ini bukan berarti Anda sebagai perempuan harus memilih lelaki dengan status sosial yang lebih tinggi. Alih-alih demikian, akan lebih bagi Anda untuk mendampingi calon suami Anda untuk mencapai kesuksesannya.

Selain ketiga syarat yang telah disebutkan di atas. Sebelum memutuskan untuk menikah, akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui bagaimana calon suami Anda meluapkan emosinya. Pastikan Anda mampu menerimanya dan tidak ada tindak kekerasan yang menyebabkan perasaan tertekan dalam diri Anda.