Mari Simak Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar!

Mari Simak Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar! – Untuk dapat meraih keberkahan malam Lailatul Qadar di 10 malam terakhir Ramadhan, jaman dahulu Nabi Muhammad SAW selalu melipat gandakan ibadah dan amalannya. Bahkan hal ini pun diungkap oleh sang istri, dalam hadist yang berbunyi :

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” [HR. Bukhari & Muslim].

Hal inilah yang harus kita teladani, sebagai cara mendapatkan malam Lailatul Qadar. Ada 7 Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar, diantaranya sebagai berikut!

7 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

  1. Luruskan Niat Kepada Allah

Niat sangatlah penting dalam sebuah amalan, karena pahala amal itu tergantung dari niatnya. Cobalah untuk menata hati, mengharap ridho Allah semata. Hal ini pun sesuai hadist : ”Barang siapa melaksanakan ibadah pada malam Lailatul Qadar dengan didasari keimanan dan harapan untuk mendapatkan keridhaan Allah, maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni.” [HR Bukhari Muslim]

  1. Bermujahadah dalam Ibadah

Bermujahadah artinya lebih memperbanyak, lebih khusyuk dan memperbaiki ibadah kita. Ketika malam ganjil di 10 malam terakhir Ramadhan ada baiknya kita tidak banyak mulut, namun memperbanyak amalan, membaca Qur’an dan menunaikan sholat Tarawih. Sesuai hadist : ”Sungguh, Rasul tercinta pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, lebih bermujahadah melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya.”[(HR Muslim].

  1. I’tikaf di Masjid

Beriktikaf di masjid juga merupakan cara mendapatkan malam Lailatul Qadar. Abu Said menceritakan tentang iktikaf Rasulullah di masjid yang ketika itu berlantaikan tanah dan tergenang air. “Aku melihat pada kening Rasulullah ada bekas lumpur pada pagi hari Ramadhan.” [HR Muslim]

  1. Taubat Nasuha

Salah satu waktu yang tepat untuk memohon ampun kepada Allah adalah di malam Lailatul Qadar. Di malam itulah kita dianjurkan untuk bersumpah untuk tidak melakukan dosa dosa yang sudah lalu, tidak mengulangi dan benar benar taubat nasuha.

  1. Khusyuk dalam Ibadah

Jika hari biasanya anda kurang khusyuk, maka salah satu cara mendapatkan malam lailatul qadar adalah bersikap khusyuk dalam ibadah. Mulai dari sholat tarawih, witir, tahajud, hajat, sholat tasbih, tadarus Al Quran, berdzikir dan sebagainya dengan penuh ketaatan dan keyakinan pada Allah.

  1. Minta Maaflah pada Allah

Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar berikutnya adalah dengan memohon ampunan Allah. Ampunan ini bisa anda lakukan dengan memperbanyak doa : ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU’ANNI (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).

  1. Berdoa dengan Sungguh Sungguh

Ada sebuah hadist yang berbunyi : “Wahai Rasulullah,” tanya Aisyah, “Bagaimana menurutmu andai aku mendapatkan Lailatul Qadar? Doa apa saja yang harus aku baca?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, Ya Allah! Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, dan Engkau menyukai ampunan. Maka ampunilah aku.” [HR Tirmidzi]

Itulah 7 cara mendapatkan malam Lailatul Qadar yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk Anda. BARAKALLAH