Pelajari Sekarang Juga, Berikut Ini Cara Mendidik Anak Dalam Islam

Pelajari Sekarang Juga, Berikut Ini Cara Mendidik Anak Dalam Islam – Salah satu kewajiban orangtua yang harus dipenuhi oleh mereka adalah mendidik anak, karena dalam ajaran Islam, anak merupakan penerus dari orang tuanya. Dan lahirnya adalah fitrah dan berkah, tidak hanya orang tuanya, namun bagi seluruh keluarganya.

Tentunya orang tua memiliki harapan besar ke anaknya, yakni menjadi anak yang baik, berbakti serta sukses di dunia ataupun akhirat, namun tak lupa mendidik anak harus dilakukan atas dasar agama. Berikut ini cara mendidik anak dalam Islam yang bisa anda pelajari.


Baca Juga :

Doa Agar Anak Cerdas Otaknya, Pintar Akademik, Akhlak serta Agamanya 

Doa Agar Anak Tidak Keluyuran, Jadi Nurut Perkataan Orangtua 


Metode Ceramah

Metode ceramah adalah salah satu metode yang paling banyak dilakukan dalam pendidikan. Rasulullah sendiri mengajarkan Islam pada umatnya pertama kali dengan menggunakan metode ceramah. Dengan menggunakan metode, orangtua dapat memberi pelajaran kepada anaknya dan menyampaikan nilai-nilai penting di dalamnya.

Metode Diskusi

Orangtua kalau bisa meluangkan waktu untuk anak-anaknya, terutama untuk berdiskusi. Dengan mengajarkan anak bersifat adil, jujur dan demokratis maka orangtua dapat meberikan pelajaran kepada anaknya. Dengan adanya interaksi berdiskusi, anak akan dicoba untuk dirangsang rasa keingintahuannya dan menuntun untuk dapat memecahkan suatu persoalan secara bijak.

Metode Keteladanan

Metode ini dapat dilakukan para orangtua dengan memberikan contoh kepada anaknya, baik dalam pendidikan aqidah, ibadah maupun pendidikan akhlak. Orangtua dapat mengajari anaknya shalat dengan mencontohkan gerakannya atau mengajari anak dengan mencontohkan cara pelafalannya.

Orangtua juga patut memberi contoh perbuatan baik, seperti mengajari anaknya untuk melakukan gerakan shalat, memberi atau bersedekah dan sebagainya. Sebagian besar memori anak dan pelajaran yang didapatnya adalah dengan cara mencontoh atau imitasi dari perilaku orangtua maupun orang-orang disekitarnya. Dan untuk para orangtua wajib mengawasi anak, terutama saat menonton TV atau melakukan berbagai aktifitas.

Metode Kisah

Metode ini merupakan salah satu metode yang disukai banyak anak, Pada dasarnya anak-anak suka mendengarkan kisah atau dongeng dari orangtuanya. Dengan menerapkan metode ini, orangtua hendaknya membacakan kisah-kisah teladan yang baik kepada anaknya, misalnya kisah tentang Rasul, para sahabat dan para nabi. Dari kisah-kisah tersebut, anak akan belajar dan orang tuanya membantu anak untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Metode Pemberian Hukuman

Jika anak melakukan kesalahan, orangtua dapat memberikannya hukuman sebagai salah satu bentuk pembelajaran, agar sang anak tidak mengulangi kesalahannya. Dengan memberikan anak hukuman, dapat membuatnya sadar akan kesalahannya, namun perlu diingat jangan pernah menganiaya anak dengan mencaci atau menganiayanya.

Metode Pembiasaan Diri

Metode pembiasan diri adalah cara yang digunakan orangtua dalam membiasakan anaknya melakukan sesuatu, misalnya melaksanakan ibadah shalat fardhu tepat waktu, berpuasa, belajar membaca Al-Qur’an dan aktifitas lainnya. Dengan membiasakan anak melakukan berbagai macam hal, maka sang anak lama-lama akan terbiasa dengan hal tersebut kemudian menjadi rutinitasnya setiap hari hingga ia dewasa kelak.

Metode Pemberian Pujian

Metode satu ini cukup efektif oleh para orangtua, dilakukan pada anak terutama jika anak melakukan suatu hal baik. Berikan anak pujian jika mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, serta mampu berperilaku sesuai ajaran orangtuanya dan sesuai dengan syariat islam.

Berikanlah pujian juga, jika ia mendapat nilai yang baik di sekolahnya, namun ingatlah, jangan sesekali menghina ataupun mencaci sang anak jika ia melakukan kesalahan. Berikanlah nasihat dengan lemah lembut jika anak berbuat kesalahan. Dengan begitu, sang anak dapat meintrospeksi diri dengan perasaan yang tidak tertekan.

Demikian beberapa cara mendidik anak dalam Islam yang bisa anda terapkan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Bagi anda yang ingin menggunakan sarana spiritual dari Kang Masrukhan untuk menyembuhkan segala gejala dan kelainan pada anak anda. Anda bisa menggunakan sarana Pengobatan Hikmah.

Untuk mendapatkan Pengobatan Hikmah, silakan hubungi admin Kang Masrukhan di 082223338771 atau 085712999772.

Info selengkapnya langsung KLIK DIBAWAH INI!

pengobatan-hikmah