Cara Mengatasi Depresi yang Ampuh Dalam Menghadapi Semua Masalah

Cara Mengatasi Depresi yang Ampuh Dalam Menghadapi Semua Masalah – Manusia memiliki dinamika kehidupan yang berbeda, ada yang santai dalam menjalani hidup, ada yang bisa menikmati hidup dan ada yang susah terlepas dari bebannya kehidupan. Dari ketiga itu semua, pastinya ada satu hal yang pasti tidak menyenangkan hingga membuat semuanya menjadi depresi.

Banyak tuntutan dalam pencapaian, penyakit hati dari diri anda, merupakan salah satu faktor penyebab anda bisa depresi, namun anda tak perlu khawatir. Islam telah mengatur dalam sebagai hal yang berhubungan dengan kehidupan manusia, bahkan masalah kehidupan sekalipun.

Berikut cara mengatasi depresi yang ampuh dalam menghadapi semua masalah.


Baca Juga :

Amalan Doa Menghadapi Cobaan Hidup [Masalah Hidup Cepat Teratasi]

Cara Mudah Mengobati Orang yg Terkena Gangguan Jin dengan Bacaan Ruqyah 


Dzikir

Dzikir merupakan salah terapi yang ampuh dan bisa diterapkan pada setiap jiwa manusia. Dengan memperbanyak dzikir, insha Allah anda akan lebih dekat dengan Allah SWT. Karena pada dasarnya, depresi menyebabkan seseorang mudah terserang stres dan cemas.

Percaya Adanya Jalan

Salah satu cara mengatasi depresi atau stres lainnya ialah percaya jika segala kesulitan, pastinya akan selalu ada kemudahan, semua itu tertera di Al Qur’an dalam surat Al Insyirah ayat 5-6.

فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرًا إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا 

Artinya : “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al Insyirah : 5-6)

Dengan meyakini akan adanya solusi dari sebuah kesulitan, insha Allah anda akan terhindar dari depresi.

Sabar

Dalam menghadapai sesuatu, baik itu masalah kecil maupun besar, segalanya harus diatasi dengan rasa sabar, karena dengan bersabar, masalah apapun yang dihadapi, bisa diatasi dengan kepala dingin. Seperti yang ada di dalam Al Qur’an surat Yusuf ayat 18.

وَجَآءُو عَلَىٰ قَمِيصِهِۦ بِدَمٖ كَذِبٖۚ قَالَ بَلۡ سَوَّلَتۡ لَكُمۡ أَنفُسُكُمۡ أَمۡرٗاۖ فَصَبۡرٞ جَمِيلٞۖ وَٱللَّهُ ٱلۡمُسۡتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ 

Artinya : “Mereka datang membawa baju gamisnya (yang berlumuran) dengan darah palsu. Ya’qub berkata : “Sebenarnya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu, maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongannya terhadap apa yang kamu ceritakan” (QS. Yusuf :18)

Shalat

Seorang muslim diwajibkan untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Salah satunya adalah shalat baik itu yang wajib maupun sunnah. Salah satu manfaatnya adalah membuat hati menjadi lebih tenang dan damai, sekaligus menjaga kestabilan emosi. Seperti yang sudah dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 153 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqarah : 153)

Tawakal

Dengan memiliki sikap tawakal, dalam menghadapi masalah apapun, anda akan selalu bersikap menerima dengan apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. walau berupa cobaan. Dengan begitu, anda dibangun untuk selalu berpikir positif terhadap permasalahan apapun.

Demikian beberapa cara mengatasi depresi yang ampuh dan bisa anda lakukan, semoga bermanfaat bagi kita semua, barakallah.