Hindari Dari Sekarang, Berikut Ini Cara Agar Terhindar Dari Sifat Munafik

Hindari Dari Sekarang, Berikut Ini Cara Agar Terhindar Dari Sifat Munafik – Dalam kehidupan, pastinya anda akan dikelilingi oleh banyak lingkungan, pergaulan dan sebagainya dimanapun kita berada, dengan kita berada di lingkungan yang baik, insha Allah akan terhindar dari segala hal-hal negatif.

Dan hal-hal negatif yang perlu dihindari dari kehidupan adalah menghindari hal munafik, karena seperti yang kita ketahui, orang yang memiliki sifat munafik tidak akan memperoleh pertolongan dari Allah SWT Naudzubillah Min Dzalik.

Nah berikut ini cara agar terhindar dari sifat munafik yang bisa anda lakukan, agar terhindar dari perbuatan ini.


Baca Juga :

Cara Meruqyah Diri Sendiri Ternyata Mudah 

Bacaan Hizib Barqi dan Tata Caranya Untuk Kewibawaan dan Perlindungan 


Cara Agar Terhindar Dari Sifat Munafik

Jauhi Sifat Kikir

Rasulullah SAW bersabda.

“Sedekah merupakan bukti” (HR Muslim)

Arti bukti di sini adalah bukti keimanan. Karena orang munafik tidak terbersit imannya untuk bersedekah, maka dengan menjauhi sifat kikir, anda juga menjauhi dari sifat munafik.

Membiasakan Akhlak Terpuji

Dengan memiliki akhlak yang baik disertai pemahaman agama yang mendalam, insha Allah sifat munafik akan menjauh dari diri kita, karena orang munafik tak memiliki pemahaman mendalam mengenai agama.

Perbanyak Dzikir

Allah berfirman dalam Surat An Nisa Ayat 142 yang berbunyi.

إِنَّ ٱلۡمُنَٰفِقِينَ يُخَٰدِعُونَ ٱللَّهَ وَهُوَ خَٰدِعُهُمۡ وَإِذَا قَامُوٓاْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ قَامُواْ كُسَالَىٰ يُرَآءُونَ ٱلنَّاسَ وَلَا يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ إِلَّا قَلِيلٗا 

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An Nisa : 142)

Dengan berdzikir mengingat nama Allah SWT kapan saja dan dimana saja. Diharapkan kita bisa menjauh dari sifat nifak, salah satu sifat yang ada di orang munafik.

Shalat Berjama’ah

Dengan menjalankan shalat berjamaah, terutama menunaikan di masjid dengan tepat waktu, insha Allah, kita akan terbebas dari sifat nifak. Dalam Hadist dikatakan :

“Siapa yang menunaikan shalat berjama’ah selama 40 dengan memperoleh takbiratul ihram imam, maka ia akan ditetapkan terbebas dari dua hal, yakni terbebas dari neraka dan terbebas dari kenifakan” (HR At Tirmidzi)

Demikian beberapa cara agar terhindar dari sifat munafik, semoga kita tetap dilindungi oleh Allah SWT. dan semoga bermanfaat bagi kita semua.