Dalil-Jangan-Takut-Miskin

Jangan Takut Miskin, Takutlah pada 3 Hal Ini – Dalil Jangan Takut Miskin

Jangan Takut Miskin, Takutlah pada 3 Hal Ini / Dalil Jangan Takut Miskin – Siapa orang yang ingin hidup dalam rantai kemiskinan? Boleh dibilang semua orang ingin hidup dengan rezeki yang berkecukupan. Bahkan tak jarang pula dari mereka yang menginginkan lebih.

Tentu jika kita amati banyak pula orang yang memiliki cukup rezeki bahkan lebih namun enggan mengeluarkan sedikit rezekinya (bersedekah) untuk saudara dan orang-orang yang membutuhkan.

Dari sini kita harus belajar bahwa meski kita sering menganggap rezeki yang kita dapat tidak seberapa, lantas menunggu agar pendapatan yang dimiliki berlebih untuk kemudian bersedekah. Maka pandangan semacam ini baiknya dihilangkan, sebab bersedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin.


BACA JUGA :


Segala ketakutan dan keraguan yang menghampiri Anda tatkala ingin bersedekah adalah disebabkan oleh setan. Begitulah golongan mereka menggoda manusia dengan menakut-nakuti akan datangnya kekurangan dan kemiskinan. Sebagaimana firman Allah :

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) ; sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripadaNya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (Al-Baqarah/2: 268).

Begitupun dengan Ibnu Katsir, beliau berkata :

يخوفكم الفقر ، لتمسكوا ما بأيديكم فلا تنفقوه في مرضاة الله

“Setan menakut-nakuti kalian akan kemiskinan, agar kalian menahan harta ditangan kalian dan tidak kalian infakkan untuk mencari ridha Allah.” (Tafsir Ibnu Katsir).

Dalil jangan takut miskin

Jelas sekali bahwa godaan setan akan berdampak pada munculnya rasa pelit dan kikir pada manusia. Oleh karena itu Rasulullah bersabda yang dapat dijadikan dalil agar jangan takut miskin :

مَا نَقَصَ مَالُ عَبْدٍ مِنْ صَدَقَةٍ

“Harta seorang hamba tidak akan berkurang karena shadaqah.” [HR. Tirmidzi]

Takutlah akan 3 hal

Ya, intinya adalah jangan pernah takut miskin. Karena sebaliknya, harta yang disedekahkan justru akan diberkahi dan bisa berlipat ganda. Lebih dari itu, jangan takut miskin, namun takutlah akan 3 hal :

  1. Takutlah jika rezeki Anda tidak berkah
  2. Takutlah jika Anda tidak memiliki rasa syukur
  3. Takutlah jika Anda tidak punya rasa sabar (Src : Aa Gym)

Demikian, semoga dapat sedikit mencerahkan dan menjadikan kita sebagai hamba Allah yang senantiasa bersyukur.