Doa-Agar-Orang-Memaafkan-Kesalahan-Kita

Dosa Tak Termaafkan, Ini Doa Agar Orang Memaafkan Kesalahan Kita

Dosa Tak Termaafkan, Ini Doa Agar Orang Memaafkan Kesalahan Kita – Manusia merupakan makhluk Allah yang tidak luput dari kesalahan. Ya, kata-kata tersebut tentu sangat akrab di telinga kita. Tak jarang kata-kata tersebut dijadikan sebuah tameng terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh seseorang.

Memang benar bahwa manusia adalah tempatnya dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُوْنَ

Arab Latin : Kullu ibnu aadama khoth-thoun, wa khoirul khot-thoo-iina attawwabuun.

Terjemah Arti : “Setiap anak cucu Adam pasti melakukan kesalahan dan sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah dia yang selalu mau bertaubat”. (H.R. Tirmidzi).

Dengan adanya dalil demikian, alangkah baiknya untuk menjadikan segala kesalahan yang telah kita perbuat bukan sebagai bentuk pembenaran. Kesalahan dan dosa apapun itu hendaknya selalu dituntaskan.


BACA JUGA :


Kesalahan itu bisa dilakukan oleh siapa saja dan kepada siapa saja. Kesalahan yang dilakukan kepada sesama manusia merupakan kesalahan yang sangat kompleks. Sebab meskipun kita telah memohon ampun kepada Allah, namun apabila orang yang bersangkutan belum mau memaafkan kesalahan kita, maka dosa tersebut akan terus dibawa hingga kita mati.

Berkaitan dengan hal tersebut, maaf memaafkan sejatinya tidak selalu sesederhana itu. Terlebih apabila kesalahan yang kita lakukan sudah melukai hati seseorang.

Ada perumpamaan yang terkenal bahwa sebuah tembok yang telah dikenai paku, meski paku tersebut telah dicabut, lukanya akan tetap berbekas. Ibaratnya tembok adalah hati seseorang, dan paku adalah kesalahan yang kita perbuat.

Satu-satunya cara yang dapat kita lakukan untuk menutupi luka tersebut adalah dengan menambalnya. Dalam Islam, apabila seseorang sangat sulit memaafkan kita, maka doa agar orang mau memaafkan kesalahan kita dapat dijadikan sebagai media untuk membukakan pintu maaf mereka :

Doa agar orang memaafkan kesalahan kita

Dikutip dari islam.nu.or.id bahwa Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengamalkan doa berikut :

“Ya Allah, sesungguhnya aku memiliki dosa kepada-Mu dan dosa yang kulakukan kepada makhluk-Mu. Aku bermohon Ya Allah, agar Engkau mengampuni dosa yang kulakukan kepada-Mu serta mengambil alih dan menanggung dosa yang kulakukan kepada makhluk-Mu.”

Hikmah Pengamalan

Adapun hikmah dari pengamalan doa ini adalah meskipun orang tak mampu memaafkan kesalahan kita, namun dalam diri kita sangat merasakan penyesalan yang mendalam. Maka insyaAllah dengan merutinkan doa ini setelah sholat fardhu, Allah akan mengambil alih dosa kita kepada sesama manusia yang tak dapat dimaafkan.

Demikian semoga doa tersebut dapat memberikan manfaat bagi Anda. Nah, apabila Anda ingin menggunakan sarana spiritual untuk segala hajat termasuk menghajatkan agar dosa kita senantiasa diampuni Allah dan sesama manusia. Silahkan Anda bisa menggunakan sarana TASBIH KAROMAH, tasbih berisi 99 Asma Allah dengan manfaat luar biasa. KLIK DIBAWAH INI!