Doa-agar-panen-melimpah

Doa Agar Panen Melimpah, Dihindarkan dari Gagal Panen

Doa Agar Panen Melimpah, Dihindarkan dari Gagal Panen – Bagi masyarakat pedesaan, bertani adalah suatu profesi yang sangat mudah ditemui. Selain untuk menunjang kehidupan sehari-hari sendiri dengan hasil tani, hasil panen sebuah pertanian juga adalah pemasok bahan pokok yang sangat membantu pasokan makanan dalam negeri.

Namun rintangan yang dihadapi para petani juga tidak mudah. Banyak sekali hambatan seperti hama wereng, musim yang tidak menentu hingga menyebabkan gagal panen. Meski tidak gagal panen pun biasanya panen yang dihasilkan tidak sebanding dengan usaha yang dilakukan.

Selain dengan mengantisipasi melalui pemeliharaan yang lebih baik, tentunya perlu disadari bahwa segala hal itu terjadi atas campur tangan Allah SWT. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki ladang untuk bertani. Berikut adalah doa agar panen melimpah yang dapat diamalkan :


BACA JUGA :


Doa agar panen melimpah

  • Doa pertama

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ ثَمَرِنَا ، وَبَارِكْ لَنَا فِيْ مَدِيْنَتِنَا ، وَبَارِكْ لَنَا فِيْ صَاعِنَا ، وَبَارِكْ لَنَا فِيْ مُدِّنَا

Arab Latin : Allaahumma baarik lanaa fii tsamarinaa, wa baarik lanaa fii madiinatinaa, wa baarik lanaa fî shaa‘ina, wa baarik lanaa fii muddinaa.

Artinya, “Wahai Tuhanku, berkatilah kami pada buah-buahan kami. Berkatilah kami pada kota kami. berkatilah kami pada gantang kami. berkatilah kami pada alat takar (mud) kami.”

Doa ini dibaca kala mulai menaburkan atau memulai bercocok tanam. Bacalah doa ini sebanyak-banyaknya, semampu mungkin saat bercocok tanam.

  • Doa kedua

اَللَّهُمَّ كَمَا أَرَيْتَنَا أَوَّلَهُ فَأَرِنَا آخِرَهُ

Arab Latin : Allâhumma kamâ araitanâ awwalahû, fa arinâ âkhirahû

Artinya, “Tuhanku, perlihatkanlah kepada kami hasil akhir cocok tanam kami sebagaimana Engkau memperlihatkan hasil awalnya.”

  • Doa ketiga

Allahummaj-‘alhu hartsan mubaarokan war-zuqnaa fiihis salaamata wattamaam waj-‘alhu habban mujarookiban wa laa tuhrim nii khoiro maa abtaghi wa laa taftinni bimaa matta’tanii bihaqqi muhammadin wa aalihith thoyyibiinath thoohiriin

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah ia tanaman yang diberkati,dan karuniailah kami keselamatan dan kesempurnaan di dalamnya dan jadikanlah ia biji yang berkembang biak dan jangan engkau halangi kebaikan yang aku inginkan dan jangan pula engkau jerumuskan aku ke dalam kesesatan dengan apa yang telah engkau karuniakan kepada ku, berkat kemuliaan Muhammad dan keluarganya yang baik dan suci”.

Doa kedua dan ketiga ini dibaca ketika pohon atau tumbuhannya mulai berbuah. Ini ditujukan agar buahnya awet menempel di pohon hingga masa panen tiba dan agar terhindar dari gangguan hama yang menyerang.