doa agar tidak hujan

Doa agar Tidak Hujan secara Islami dan Mustajab

Doa agar Tidak Hujan secara Islami dan Mustajab – Hujan adalah salah satu bentuk rahmat Allah pada alam semesta. Sebab selain membawa banyak hal baik, manusiapun dianjurkan melakukan amal shalih saat hujan. Hal tersebut tentu berarti waktu turun hujan adalah waktu yang istimewa untuk beramal. Turunnya hujan menjadi bukti kekuasaan Allah dalam mengatur alam semesta. Namun terkadang hujan juga menjadi hal yang dikeluhkan oleh beberapa orang. Misalnya suatu daerah yang sudah terus menerus hujan sehingga bisa berakibat banjir atau anda akan melaksanakan acara di luar ruangan. Lantas, bolehkah berdoa agar hujan tidak turun di daerah anda?

Kita memang tidak bisa menolak hujan karena ketika Allah SWT menurunkan hujan pada daerah tertentu berarti Allah SWT memiliki tujuan tertentu. Namun kita dapat memohon pada Allah SWT agar dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan atas hujan tersebut.

Doa agar Tidak Hujan

ALLAHUMMA HAAWALAINA WA LAA ’ALAINA. ALLAHUMMA ’ALAL AAKAMI WAL JIBAALI, WAZH ZHIROOBI, WA BUTHUNIL AWDIYATI, WA MANAABITISY SYAJARI

Artinya : Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa tersebut juga terdapat versi lebih pendeknya, yakni:

ALLAHUMMA HAWAALAINAA WA LAA ‘ALAINAA

Artinya : Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami.

Dalam hadits Anas bin Malik, doa tersebut dipanjatkan ketika hujan tak kunjung berhenti selama seminggu, kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas memohon pada Allah agar cuaca kembali cerah. (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897).

Tidak ada ritual khusus untuk meminta agar tidak hujan di daerah anda. Dengan mengamalkan doa agar tidak hujan, berarti anda memohon pada Allah SWT dan menyerahkan keputusan kembali pada Allah SWT. Pastikan niatan anda adalah niat baik agar dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.