Doa-Agar-Tidak-Mudah-Tersinggung

Jangan Mudah Baper, Ini Doa Agar Tidak Mudah Tersinggung

Jangan Mudah Baper, Ini Doa Agar Tidak Mudah Tersinggung – Manusia memiliki beberapa kelemahan dalam dirinya. Salah satu kelemahan manusia yakni terletak pada hatinya. Ya, ada kalanya hati kita merasa sakit karena tersinggung akan perkataan orang.

Sebenarnya rasa tersinggung tersebut bergantung pada ketahanan masing-masing orang. Bagi orang yang tak tahan akan hal tersebut akan berujung pada perkara yang membahayakan dirinya sendiri yaitu timbulnya penyakit hati seperti dendam hingga umpatan tanda tak terima dengan perkataan orang lain.

Nah, efek yang kentara dari adanya rasa tersinggung ini erat kaitannya dengan kemarahan. Marah pun juga menyebabkan banyak mudharat seperti darah tinggi hingga stress yang meningkat. Itulah mengapa kita tidak diperbolehkan untuk “baper” atau bawa perasaan. Untuk mendapatkannya kita perlu ketabahan dan kebesaran hati. Oleh karena itu, berikut adalah doa agar tidak mudah tersinggung yang dapat Anda amalkan :


BACA JUGA :


Doa agar tidak mudah tersinggung

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ اَللّٰهُمَّ رَبَّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَاذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِىْ وَاَجِرْنِىْ مِنْ مُضِلاَّتِ اْلفِتَنِ

Arab Latin : A’uudzu billaahi minasy-syaithaanirrajiim. Allahumma rabba muhammadin ighfirli dzambi wadzhib ghaizha qalbi wa ajirni min mudhillatil fiitan.

Artinya: “Aku berlindung pada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Allah, Tuhan Muhammad, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku, dan selamatkanlah aku dari kesesatan fitnah.”

Hikmah pengamalan

Perlu diketahui bahwa Allah sangat menyukai orang yang dapat menahan marah. Sebagaimana tercantum dalam QS Ali Imran ayat 134. Lebih lanjut, orang yang dapat menahan marah dan mampu memaafan orang lain adalah kriteria orang yang bertaqwa.

Ya, tersinggung itu pasti. Namun cara kita menanggapinya adalah hal yang paling penting. Kita harus senantiasa menyerahkan semuanya kepada Allah Yang Maha Kuasa. Allah Maha Tahu segala hal yang ada pada benak hamba-Nya. Karena itulah doa di atas hendaknya dilanggengkan baik saat Anda dilanda perasaan tersinggung, maupun di setiap usai melaksanakan sholat.