doa-ketika-dipuji

Doa Ketika Dipuji Orang Lain Agar Tidak Lupa Daratan

Doa Ketika Dipuji Orang Lain Agar Tidak Lupa Daratan – Hakikatnya manusia memiliki perasaan bahagia ketika mendapatkan pujian. Perasaan tersebut bisa jadi ditunjukkan secara jelas misal melalui senyuman yang ditebar sepanjang hari atau perasaan senang yang hanya disembunyikan di dalam hati.

Pujian bagi sebagian besar orang akan terasa sangat membanggakan. Untuk sebagian orang, itu akan dijadikan sebagai motivasi. Misalkan dipuji atasan mengenai performa pekerjaan yang sangat bagus, dengan begitu ia akan lebih meningkatkan hasil kerjanya karena sudah mendapatkan pujian.

Bagi sebagian orang yang lain, pujian bisa menjadikan dirinya “mabuk kepayang” dan terlena sehingga membuat ia puas akan pencapainnya selama ini.

Ya, pujian sejatinya adalah sebuah ujian. Ujian yang dimaksud di sini adalah berupa kebaikan. Semua bergantung pada masing-masing insan dalam menyikapi ujian tersebut.


BACA JUGA :


Janganlah kita menjadi salah satu dari sebagian orang yang lupa diri saat dipuji. Karena Allah murka terhadap ummat-Nya yang tidak bersyukur, padahal kita tahu segala nikmat adalah kepunyaan Allah SWT.

Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW bersabda :

doa-ketika-dipuji

Latin : “Tsalaatsu muhlikaatun : Syuhun muthaa’un wahawaa muttaba’un wa-i’jaabul mar-u binafsihi”

Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan : (1) tamak lagi kikir, (2) mengikuti hawa nafsu (yang senantiasa mengajak pada kejelekan) dan (3) ujub (takjub pada diri sendiri).

Dalam hadits tersebut secara jelas menyebutkan bahwa takjub pada diri sendiri (karena pujian) dapat membawa pada jurang kebinasaan. Oleh karena itu, janganlah sekali-kali terlena pada sebuah pujian.

Kemudian bagaimana baiknya kita menyikapi sebuah pujian agar terkesan tidak lupa daratan? Hendaknya ialah kita membaca doa ketika dipuji orang lain agar diberikan petunjuk oleh Allah SWT.

Doa Ketika Dipuji

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻻَ ﺗُﺆَﺍﺧِﺬْﻧِﻲْ ﺑِﻤَﺎ ﻳَﻘُﻮْﻟُﻮْﻥَ، ﻭَﺍﻏْﻔِﺮْﻟِﻲْ ﻣَﺎ ﻻَ ﻳَﻌْﻠَﻤُﻮْﻥَ ‏ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻲْ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻤَّﺎ ﻳَﻈُﻨُّﻮْﻥَ

Latin : Allaahumma laa tuaakhidnii bimaa yaquuluuna, waghfirlii maa laa ta’lamuuna, waj’alnii khoiron mimmaa yadhunnuuna.

Artinya : “Ya Allah, semoga Engkau tidak menghukumku karena apa yang mereka katakan. Ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui. Dan jadikanlah aku lebih baik daripada yang mereka perkirakan.”

Bagi Anda yang ingin menggunakan ikhtiar lain berupa sarana Spiritual dari Kang Masrukhan untuk membantu mengabulkan segala hajat dan menghadapi masalah kehidupan, maka silakan Anda bisa gunakan sarana kami. KLIK DI BAWAH INI!!!