Doa Malam Lailatul Qadar, Bacalah di Malam Ganjil Ramadhan 10 Hari Terakhir

Doa Malam Lailatul Qadar, Bacalah di Malam Ganjil Ramadhan 10 Hari Terakhir – Malam Lailatul Qodar, malam dimana disebut sebagai malam kemuliaan yang lebih baik daripada 1000 bulan. Datangnya malam ini adalah di malam malam ganjil di 10 malam terakhir Ramadhan. Apapun amalan dan ibadah yang kita lakukan, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT layaknya kita beribadah selama 1000 bulan lamanya.

Ada doa doa yang dibaca ketika malam mulia ini datang. Memang tidak ada yang tahu pasti kapan datangnya malam lailatul qadar, maka dari itu di malam malam ganjil 10 hari terakhir Ramadhan kita diharapkan mengamalkan doa malam lailatul qadar. Adapun doanya adalah sebagai berikut!

Doa Malam Lailatul Qadar

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU’ANNI

(Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).

Doa malam lailatul qadar ini sesuai dengan hadist Nabi, yaitu :

Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadits ini dibawakan oleh Imam Tirmidzi dalam bab “Keutamaan meminta maaf dan ampunan pada Allah”. Hadits di atas disebutkan pula oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Marom pada hadits no. 706.

Doa Malam Lailatul Qadar ini pun sangat dianjurkan oleh para ulama, mengingat di malam itulah kita harus banyak meminta ampunan pada Allah SWT. Doa tersebut dikatakan doa yang komplit karena sarat akan makna, penuh dengan kemuliaan. Doa tersebut mengandung ketundukan hamba pada Allah dan pernyataan bahwa dia tidak bisa luput dari dosa. Namun sekali lagi meminta ampunan seperti ini tidaklah terbatas pada bulan Ramadhan saja.

Itulah doa malam Lailatul Qadar yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, BARAKALLAH.