Doa Qunut Nazilah yang Perlu Dibaca Pada Masa Pandemi

 

Doa Qunut Nazilah yang Perlu Dibaca Pada Masa Pandemi – Doa qunut adalah sebuah amaliah sunnah yang mulia. Meski ada perbedaan pandangan di antara imam mazhab mengenai doa qunut, khilafiyah ini bukan hal yang besar. Bagaimanapun, doa qunut adalah doa yang pernah diajarkan oleh Nabi SAW dan baik untuk diamalkan.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, doa qunut lebih afdhal untuk dipanjatkan, terutama doa qunut nazilah.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri sudah menyarankan muslimin Indonesia untuk mengamalkannya. Nazilah sendiri artinya musibah atau bencana besar yang melanda.

Menurut Syaikh Nawawi Al-Bantani, ada 3 situasi di mana qunut nazilah ini perlu dilakukan. Pertama, masa paceklik. Kedua, wabah penyakit, dan ketiga situasi perang. Berikut ini adalah lafadz doa qunut nazilah yang sangat afdhal untuk dibaca di kondisi wabah seperti sekarang ini.

Allaahummahdinaa fiiman hadaiyt

Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt

Wa tawallana fiiman tawallaiyt

Wa baariklana fiimaa a’thoiyt Wa qini syarro maa qodhoiyt

Fainnaka taqdhii walaa yuqdhoo ‘alaiyk

Wa innahu laa yadzillu man waalayt

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt

Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt

Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt

Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk

Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a, wal balaa’a, wal wabaa’ wal fahsyaa’a wal munkar, was suyuufal mukhtalifata wasy syadaaida wal mihan maa zhoharo minhaa wa maa bathon mim balainaa hadzaa khoosshoh wa min buldaanil muslimiina ‘aammah

Innaka ‘Alaa Kulli Syaiin Qadiir

Wa shallaahu ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa’alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam


BACA JUGA:


Arti Doa Qunut Nazilah

Adapun arti dari doa qunut nazilah di atas adalah sebagai berikut.

“Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk. Dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. Aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau.”

“Ya Allah Tuhan kami. Hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu.”

“Semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.”

Demikianlah doa qunut nazilah beserta artinya yang disarankan oleh MUI untuk diamalkan di masa-masa pandemi corona ini. Semoga bermanfaat dan selamat mengamalkan.