Keuntungan Lebih Puasa Senin Kamis Sesuai Hadist Rasulullah SAW

Keuntungan Lebih Puasa Senin Kamis Sesuai Hadist Rasulullah SAW – Puasa senin dan kamis merupakan amalan sunnah yang cukup dianjurkan oleh Rasulullah. Mengapa Puasa senin kamis menjadi puasa sunah yang amat dikuatkan? Hal ini karena adanya manfaat besar dalam ibadah sunah tersebut. Ada keuntungan lebih puasa senin kamis yang akan didapatkan bagi siapapun umat muslim yang mau menjalankannya dengan istiqomah. Puasa sunah memang tidak wajib dilakukan, namun jika anda melakukannya maka hal ini akan menjadi penyempurna keimanan anda sebagai umat muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Keuntungan lebih puasa senin kamis ini berhubungan dengan kedua hari tersebut yaitu hari Senin dan Hari Kamis yang dijadikan sebagai hari suci bagi umat muslim. Dari hadist Rasulullah dikatakan bahwa hari senin merupakan hari kelahiran beliau, dimana hadistnya berarti :

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Keutamaan lebih puasa senin kamis ini pun berhubungan dengan hari dimana malaikat pencatat amal kebaikan manusia memberikan catatan amalan tersebut kepada Allah SWT. Hadits rasul tersebut dijelaskan sebagai berikut : “Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Rahasia Keutamaan Lebih Puasa Senin Kamis Yang Menakjubkan

Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka

Dikatakan bahwa hari senin dan kamis merupakan sebuah hari dimana semua pintu surga dibuka. Barang siapa di hari tersebut melaksanakan puasa, baik hari senin maupun hari kamis maka terbukalah pintu Surga baginya. Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW, yang berarti :

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Senin dan kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT

Sudah dijelaskan pada kalimat sebelumnya bahwa di hari senin dan kamis itulah para malaikat menunjukkan catatan amalan kebaikan manusia dan ditunjukkan di hadapan Allah untuk diperiksa dan diperhitungkan. Barang siapa yang berpuasa di hari tersebut maka ia akan mendapatkan perhitungan kebaikan jauh lebih banyak.

Hari kamis merupakan hari dimana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah SAW dilakukan

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu pernah mengatakan : “Sangat jarang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu juga pernah mengatakan : “Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Itulah keutamaan lebih puasa senin kamis yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda. Salam sejahtera.

111 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan