keutamaan-bulan-muharram

Keutamaan Bulan Muharram, Lakukan Amalan Ini Kehidupan Penuh Berkah

Keutamaan Bulan Muharram, Lakukan Amalan Ini Kehidupan Penuh Berkah – Di dalam kalender Hijriyah, bulan muharram menjadi salah satu dari empat bulan yang mulia. Keutamaan bulan muharram bahkan ditegaskan dalam Al Qur’an pada surat At Taubah ayat 36.

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan. Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menyiksa diri kamu di keempat bulan itu.”

Salah satu amalan bulan muharrom yang disarankan adalah menjalankan ibadah puasa muharram, yaitu puasa Tasua dan Asyura. Diketahui dengan menjalankan puasa Asyura pada muharram, maka akan dihapuskan dosa-dosa setahun yang lalu.

Selain itu, amalan lain yang bisa dilakukan adalah melaksanakan sholat sunnah, membaca tasbih dan sholawat sebanyak 70 kali dan membaca Ayat Kursi sebanyak 9 kali. Dengan melaksanakan amalan tersebut pada bulan muharram, Insya Allah akan mendapatkan manfaat diberi kenikmatan ketika meninggal dunia, kehidupan di dunia penuh berkah, dan diberi pahala ibadah yang setara dengan penduduk 7 lapis langit.

Terdapat pula amalan lain yang bisa melengkapi keutamaan amalan bulan muharram yaitu dengan melakukan silaturahim dan memakai celak mata. Demikian, keutamaan bulan muharram dan amalan yang baik dilakukan pada bulan muharrram. Semoga bermanfaat.