keutamaan-hari-jumat

Penuh Keistimewaan, Ini 4 Keutamaan Hari Jumat Dibanding Hari Biasa

Penuh Keistimewaan, Ini 4 Keutamaan Hari Jumat Dibanding Hari Biasa / Keutamaan Hari Jumat – Bukan suatu hal yang asing bahwa hari Jumat adalah hari yang spesial bagi umat Islam. Hal ini semakin terlihat di mana madrasah-madrasah juga menjadikan hari Jumat sebagai hari libur sekolah.

Kalau Anda tinggal di lingkungan desa yang masih kental dengan tradisi Islam, maka hari Jumat adalah harinya masyarakat untuk mengadakan pengajian dan tahlil.

Tidak mengherankan karena dalam beberapa referensi sebagaimana dikutip dari islam.nu.or.id, bahwa dari 7 hari dalam seminggu, hari Jumat adalah hari yang paling utama dan malam Jumat termasuk malam yang utama setelah lailatul qadr. Berikut adalah keutamaan hari Jumat yang perlu Anda ketahui :


BACA JUGA :


Keutamaan hari Jumat

  • Hari jumat adalah sebaik-baik hari

Hal ini didasarkan pada sebuah fakta bahwa banyak kejadian pada masa lampau yang melibatkan hari Jumat di dalamnya. Termasuk sebagai hari di mana Nabi Adam diciptakan dan dimasukkan ke surga.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa datangnya kiamat juga akan jatuh pada hari Jumat. Lebih istimewa lagi bahwa Allah akan menampakkan diri-Nya pada hari ini.

  • Hari makbulnya sebuah doa

Sebagaimana banyak dikatakan berbagai hadits shahih bahwa Allah akan mengabulkan doa hambanya yang melaksanakan sholat Jumat baik itu laki-laki maupun perempuan. Utamanya saat duduknya khatib shalat Jumat hingga selesainya shalat. Setelah itu adalah doa yang dipanjatkan setelah ashar.

  • Hari diturunkannya ampunan

Hari Jumat bisa pula dikatakan sebagai hari penghapusan dosa kaum muslimin di seluruh dunia. Oleh karenanya lah dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa di hari Jumat.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Artinya : “Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup, lagi Maha Tegak. Aku bertaubat kepada-Nya.”

  • Hari terhindar dari pedihnya siksa kubur

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur”. (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).

Tentu sebagian dari kita pernah mendengar bahwa apabila ada kerabat yang meninggal pada hari Jumat, maka orang tersebut akan terhindar dari segala fitnah di hari pembalasan. Wallahu A’lam Bisshowab.