Masya Allah! Keutamaan Puasa Sebelum Idul Adha, Pahala Setara Mati Syahid

Masya Allah! Keutamaan Puasa Sebelum Idul Adha, Pahala Setara Mati Syahid – Bulan Dzulhijjah disebut sebagai salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Umat muslim disunahkan untuk melaksanakan puasa Dzuhijjah, menunaikan ibadah Haji dan menyembelih hewan kurban. Puasa sunnah bisa dimulai pada hari pertama bulan Dzulhijjah hingga tanggal 9 Dzulhijjah. Sedangkan puasa yang dikatakan paling utama di bulan ini adalah puasa Tarwiyah dan Arafah. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Sedangkan puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Keutamaan Puasa Sebelum Idul Adha

Dalam beberapa hadis menyebutkan bahwa 10 hari atau sebagiannya pada bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa. Umat muslim juga disunahkan melaksanakan puasa seperti apa yang Rasulullah pernah lakukan. Rasulullah Muhammad SAW juga bersabda bahwa melaksanakan puasa di bulan Dzulhijjah pahalanya sama besar dengan orang yang meninggal di jalan Allah di medang perang atau mati Syahid. Keutamaan puasa sebelum Idul Adha ini juga bisa melebur dosa selama setahun sebelum dan sesudah seseorang yang melaksanakannya dengan ikhlas.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah, Rasullullah SAW bersabda:

“Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.” (HR. Imam Muslim)

Umat muslim disarankan untuk melakukan berbagai amal baik di bulan Dzulhijjah ini karena pahalanya akan dilipat gandakan. Amalan-amalan yang bisa dilakukan antara lain adalah perbanyak doa, dzikir, takbir dan menyebut nama Allah. Perbanyak pula melantunkan shalawat kepada para Nabi dan RasulNya.