malam-lailatul-qadar

Malam Lailatul Qadar, Berikut Amalan Untuk Meraih Keutamaannya

Malam Lailatul Qadar, Berikut Amalan Untuk Meraih Keutamaannya – Tak terasa bulan Ramadhan akan segera menemui hari-hari terakhirnya. Pada hari-hari tersebutlah Allah SWT telah memberikan keutamaan pada salah satu malam di hari terakhir bulan Ramadhan. Malam yang apabila diisi dengan amalan-amalan yang benar akan bernilai lebih dari seribu bulan. Malam tersebut ialah malam Lailatul Qadar.

Merupakan impian bagi setiap muslim yang beriman untuk dapat merasakan keutamaan malam seribu bulan ini. Di malam ini lah ketetapan seorang hamba mulai dari rezeki, keberkahan dan kehidupannya dibuat oleh Allah SWT hingga tahun berikutnya. Malam yang benar-benar diselimuti dengan kebaikan di sepanjang waktunya.

Lalu, kapankah waktu dimana malam itu datang? Tidak ada yang dapat memastikan waktunya secara tepat. Namun, ada beberapa hadits yang membahasnya beserta tanda-tanda yang ditunjukkan oleh Allah Ta’ala jika malam tersebut datang.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Keutamaan Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Yang Dahsyat

Awas! Waspada Faktor Penurun Amal Di 10 Hari Terakhir Ramadhan


Waktu Terjadinya Malam Lailatul Qadr

Sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan

Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah SAW

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya : “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Berada di malam-malam ganjil

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

7 malam terakhir

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa. (HR. Muslim)

Setelah mengetahui waktu sebagai tanda terjadinya malam lailatul qadar, berikut adalah tanda secara spesifik yang perlu diketahui :

Tanda-tanda Terjadinya Malam Lailatul Qadr

Udara dan angin yang berhembus terasa menenangkan

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

Artinya : “Lailatul qadar ialah malam yang dipenuhi dengan kelembutan, (suasana) cerah, tidak begitu panas dan juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath-Thoyalisi)

Memimpikan malam lailatul qadr dalam tidurnya.

Hal ini terjadi pula pada para sahabat.

Matahari akan terbit dengan jernih dan tidak bersinar.

Dijelaskan secara lebih lanjut oleh Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa subuh pada malam adanya lailatul qadar, matahari akan terbit tanpa ada sinar seakan-akan menyerupai bejana sampai matahari tersebut naik.

Amalan-Amalan Malam Lailatul Qadr

Adapun amalan-amalan yang dapat dilakukan di malam tersebut antara lain :

  • Tidak tidur di malam-malam ganjil pada 10 malam terakhir. Kegiatan yang dapat dilakukan selain memperbanyak ibadah ialah dengan mandi dan memakai wewangian.
  • Melanggengkan sholat qiyamul lail yaitu dengan sholat tahajud.
  • Beri’tikaf di masjid. Dijelaskan pada sebuah riwayat bahwa Rasulullah SAW tidak pernah sekalipun melewatkan I’tikaf pada sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan begitu pula dengan para isteri Rasulullah SAW.
  • Memperbanyak doa dan berdzikir pada Allah dengan membaca tasbih, tahmid, beristighfar dan juga bersholawat.
  • Khusnudhon kepada Allah SWT, maksudnya adalah dengan berbaik sangka bahwa seluruh amal perbuatan kita disaksikan oleh Allah dan pemberian-Nya didasarkan pada apa yang kita perbuat.
  • Mensucikan diri dan hati, antara lain adalah melakukan taubatan nasuha (bertaubat dengan sungguh-sungguh)
  • Beribadah dalam keadaan sepi dan terlihat hanya oleh Allah Ta’ala, hal ini adalah untuk melatih keikhlasan kita dalam beribadah.

Semoga kita termasuk ke dalam ummat-Nya yang turut merasakan keutamaan malam 1000 bulan. Aamiin.

Nah, untuk memaksimalkan malam lailatul qadr agar mendapat keutamaan yang luar biasa, maka silakan Anda bisa gunakan sarana TASBIH KAROMAH.

Untuk mendapatkan Tasbih Karomah, silahkan hubungi admin Kang Masrukhan di 082223338771 atau 085712999772

Info selengkapnya langsung KLIK DIBAWAH INI!