Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari yang Tak Semua Orang Tahu

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari yang Tak Semua Orang Tahu – Shalat Tahajud ternyata memiliki efek positif yang luar biasa. Namun, sayangnya tidak semua orang tahu fadhilah shalat tahajud jika dilakukan secara rutin selama 40 hari.

Shalat tahajud adalah amalan shalat sunnah yang paling utama di antara shalat-shalat sunnah lainnya. Saking besar fadhilahnya, keutamaan shalat tahajud ini sampai mencapai setingkat di bawah shalat fardhu.

Terlebih lagi jika diamalkan sepanjang hidup, atau jangka waktu yang lama. Banyak keutamaan, manfaat, dan hikmah yang bisa dipetik. Berikut ini adalah beberapa manfaat sholat tahajud selama 40 hari yang belum banyak orang tahu.

1. Mengangkat Derajat

Derajat yang meningkat akibat istiqomah menjalankan tahajud adalah janji Allah dalam QS Al Isra: 79.

“Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS.Al-Isra:79)

2. Menghapus dan Pencegah Dosa

Shalat tahajud adalah shalat yang banyak ditunaikan oleh orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam mendekat kepada Sang Pencipta. Maka, siapa pun yang melakukannya lebih mudah diampuni dosa dan kesalahannya oleh Allah AL Ghafar.

Selain itu, dengan keintiman dengan Allah pada malam sunyi, di pagi dan siang harinya hati kita akan merasa dekat dengan satu Dzat yang Maha Mulia. Sehingga, kita tidak memiliki keinginan untuk berbuat dosa.

3. Doa Dikabulkan Allah

Selain mengangkat derajat, Allah memberi garansi bahwa siapa pun yang berdoa di sepertiga malam terakhir, akan mudah dikabulkan. Apalagi jika doa tersebut dirutinkan selama 40 hari. Allah menyukai hamba-Nya yang banyak meminta.


BACA JUGA:


4. Menghindarkan dari Penyakit Pernapasan dan Menguatkan Imun Tubuh

Bangun di sepertiga malam terakhir memiliki manfaat kesehatan. Sebab, udara pada jam-jam ini menghembuskan energi yang menyehatkan paru-paru.

Dengan rutin menjalankan shalat tahajud, Anda bisa terhindar dari infeksi pernapasan maupun penyakit paru-paru. Selain itu, air yang membasahi raga saat wudhu dapat memberikan efek kekebalan tubuh dari penyakit.

5. Menenangkan dan Menjernihkan Pikiran

Bangun pada saat dini hari ketika alam sedang sunyi dapat menetralkan segala macam kebisingan pikiran. Dengan melakukan ritual shalat pada sepertiga malam terakhir, pikiran dan perasaan bisa kembali jernih dan segar sehingga perasaan menjadi lebih tenang.

6. Memperoleh Cinta Allah

Keistimewaan orang yang melakukan shalat tahajud apalagi hingga 40 hari berturut-turut adalah mendapatkan cinta dari Allah SWT.

Allah mengasihi orang yang bangun untuk shalat ketika kondisi sedang nikmat-nikmatnya tidur. Allah juga mencintai orang yang memaksa mengambil air wudhu untuk shalat saat kondisi sedang dingin-dinginnya.

Dengan memperoleh cinta dari Allah SWT, hajat apa pun yang Anda miliki akan lebih mudah terkabulkan.

Demikian sekelumit manfaat sholat tahajud 40 hari yang sangat disarankan untuk bisa diamalkan. Semoga kita dapat mengamalkannya secara rutin hingga akhir hayat. Aamiin.