Misteri Sembilan Makam “Mbah Sholeh” Disekitar Masjid Ampel Surabaya

Misteri Sembilan Makam “Mbah Sholeh” Disekitar Masjid Ampel Surabaya. Siapa yang tidak tahu nama “Mbah Sholeh” ? Disekitar Masjid Ampel Surabaya, terdapat 9 makam yang hanya dimiliki oleh 1 orang saja. Disitu tertulis Makam Mbah Sholeh, Saya yakin anda juga sudah pernah dengar tentang cerita ini, Karena memang cerita  mbah sholeh sudah sangat terkenal. Lalu apa yang akan dibahas disini ? Saya coba menaruh hipotesa pribadi saya untuk menganalisa kejadian yang terjadi kepada “Mbah Sholeh”.

Kita semua tahu, bahwa dulunya mbah sholeh merupakan juru bersih mesjid yang ada di Masjid Ampel. Sejak Mbah Sholeh meninggal, Mesjid Ampel menjadi selalu kotor dan tidak sebersih dulu saat mbah sholeh masih hidup. Semasa hidupnya mbah sholeh selalu mendapatkan pujian karena sangat rajin sekali dalam membersihkan mesjid. Pujian itu pun juga datang dari gurunya sendiri yaitu Sunan Ampel. Namun kini Mbah Sholeh telah tiada, Masjid Ampel menjadi tidak sebersih dulu, dan malah terkesan kotor sekali.

Pada saat itu sunan ampel  berharap jika mbah sholeh masih hidup masjid ampel tidak akan jadi sekotor ini. Tiba-tiba tanpa disadari sosok mbak sholeh hadir di sekitar tempat imam di masjid sunan ampel. Seisi Masjid Ampel tentu saja terkejut dengan adanya peristiwa tersebut. Disinilah letak kehebatan sunan ampel, Sunan Ampel seperti memiliki karomah yang dapat menghidupkan orang yang telah meninggal dunia. Setelah Mbah Sholeh hidup kembali Masjid Ampel pun kembali bersih untuk sediakala. Namun beberapa bulan kemudian Mbah Sholeh kembali meninggal dan keadaan mesjid Ampel pun  kembali kotor seperti biasa.

Saat sunan ampel kembali memperhatikan masjid ampel yang kembali kotor, Sunan ampel kembali berharap jika mbah sholeh masih hidup pasti keadaan masjid pasti akan sangat bersih, aneh bin ajaib mbah sholeh kembali hidup untuk menyapu pelataran masjid ampel. dan selang beberapa bulan kemudian mbah sholeh kembali meninggal dunia. Hal tersebut berulang kali terjadi hingga sunan ampel meninggal dan mbah sholeh telah hidup kembali selama 8 kali. Beberapa bulan kemudian mbah sholeh kembali meninggal, dan jasadnya dimakamkan di dekat makam sebelumnya.

 Dan sekarang terjawablah misteri dimana makam mbah sholeh ada 9. banyak orang yang datang untuk membuktikan kebenaran makam 9 tersebut serta berziarah. Hingga sekarang makam mbah sholeh masih banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berziarah disana.

Artikel Lainya:

  • mukjizat sunan ampel menghidupkan orang mati
  • bacaan mbah soleh sunan ampel
  • bacaan wirid ketita di makam sunan ampel
  • embah sholehampel nasabnya
  • misteri makam
  • nasab mbah soleh murid sunan ampel
  • Siapakah emban soleh yg d mesjid ampel
  • wirid amalan mbah bolong dari sunan ampel