Nama Nama Walisongo Termashur Sampai Hari Ini

Nama Nama Walisongo Termashur Sampai Hari Ini – Bila kita mengenang kembali bagaimana Islam bisa menyebar dengan cepat di Nusantara, itu tak lepas dari peran nama nama besar walisongo. Walisongo adalah sekelompok pendakwah yang didatangkan dari negeri-negeri Islam lain seperti Maroko, Mesir, Palestina, Samarkand, dan lainnya untuk menyebarkan Islam di Nusantara.

Walisongo sejatinya merupakan dewan ulama yang terus ada antargenerasi,  di mana setiap angkatan berjumlah sembilan orang. Setelah satu wali wafat, ia akan digantikan oleh ulama lain yang diangkat sebagai anggota dewan walisongo. Entah bagaimana kisahnya hingga pada saat ini hanya sembilan nama saja dari keseluruhan nama nama walisongo yang masih mashur.

ANGGOTA WALISONGO YANG MASIH MASHUR SAMPAI HARI INI

Berikut ini adalah nama nama walisongo yang terkenal dan selalu terkenang oleh masyarakat Nusantara, khususnya masyarakat Pulau Jawa.

  1. Sunan Gresik

Bernama asli Maulana Malik Ibrahim. Dikenal juga sebagai Mulana Maghribi karena berasal dari daerah Maghrib, Afrika Utara, yang kini bernama Maroko.

  1. Sunan Ampel

Bernama asli Raden Rahmat, merupakan putra Sunan Gresik. Lahir di Champa pada 1401, beliau pernah ikut serta dalam pembangunan Masjid Agung Demak.

  1. Sunan Bonang

Nama asli beliau adalah Maulana Makhdum Ibrahim. Dalam dakwahnya beliau menggunakan seni dan musik, salah satunya dengan menciptakan tembang Wijil dan Tombo Ati.

  1. Sunan Drajat

Sunan Drajat bernama asli Raden Qasim, merupakan putra dari Sunan Ampel. Beliau adalah murid Sunan Muria. Beliau dikenal karena kegiatan sosialnya melalui santunan pada anak yatim.

  1. Sunan Kudus

Bernama asli Ja’far Shadiq, beliau berasal dari Al Quds, Palestina. Dakwahnya dilakukan melalui jalur penguasa kesultanan Demak. Setelah itu beliau berdakwah pada masyarakat biasa di Tajug, yang kini bernama Kudus.


BACA JUGA:

Malam Lailatul Qadar, Berikut Amalan Untuk Meraih Keutamaannya

Doa Ketika Dipuji Orang Lain Agar Tidak Lupa Daratan

Doa Dimudahkan Segala Urusan Dan Hajat dan Cara Agar Cepat Terkabul

 

EMPAT NAMA WALISONGO LAINNYA

  1. Sunan Giri

Nama asli beliau Muhammad Ainul Yaqin, putra dari Maulana Ishak. Beliau mendirikan pemerintahan mandiri di Gresik hingga wafat pada 1506.

  1. Sunan Kalijaga

Lahir pada 1455, nama asli beliau adalah Raden Said. Beliau adalah wali yang berasal dari kalangan pribumi.

  1. Sunan Muria

Bernama asli Raden Umar Said, Sunan Muria memilih tempat dakwah terpencil di Gunung Muria. Dakwahnya ini kemudian menyebar ke pesisir utara Jawa yang meliputi Jepara, Kudus, dan Pati.

  1. Sunan Gunungjati

Nama asli beliau adalah Syarif Hidayatullah. Beliau berdakwah di bagian barat Jawa, yaitu Cirebon yang kemudian menjadi Kesultanan Cirebon. Di sana beliau berdakwah dengan gaya lugas khas Timur Tengah.

Demikianlah nama nama walisongo yang masih termashur sampai hari ini. Setiap wali memiliki kemuliaan dan karomahnya masing-masing. Jika Anda menginginkan berkah dari karomah para wali, Anda bisa mendapatkannya melalui tasbih karomah wali.

Tasbih karomah wali adalah tasbih kayu yang telah diberkahi dengan amalan-amalan para wali Allah. Khasiatnya beraneka ragam, mulai dari khasiat lancar rezeki, keselamatan, lancar usaha, dan keberkahan rumah tangga, penyembuhan, dan masih banyak lagi.

Segera hubungi sang pakar spiritual Kang Masrukhan melalui admin beliau di 082223338771 atau 085712999772. Untuk lebih mudahnya, silakan klik gambar di bawah ini.