Peninggalan Sunan Gresik Mulai Masjid Tertua Hingga Sumur Penyembuhan

Peninggalan Sunan Gresik Mulai Masjid Tertua Hingga Sumur Penyembuhan – Sunan Gresik atau yang memiliki nama asli Maulana Malik Ibrahim merupakan seorang waliyulloh yang juga masuk dalam anggota Walisongo. Walisongo sebagai penyebar Islam di tanah Jawa tentunya memiliki peninggalan-peninggalan sejarah. Tak terkecuali Sunan Gresik yang juga meninggalakan sejarah di wilayah kota Gresik, Jawa Timur. Peninggalan Sunan Gresik ini termasuk sebuah wisata religi yang banyak dikunjungi para wisatawan, khususnya menjelang bulan Ramadhan. Apa saja peninggalan Syech Maulana Malik Ibrahim yang masih ada hingga kini, bahkan masih sangat bermanfaat bagi masyarakat? Mari kita simak peninggalan Sunan Gresik atau Syech Maulana Malik Ibrahim berikut ini!

Masjid Pesucinan, Peninggalan Sunan Gresik sebagai Masjid Tertua di Tanah Jawa

Masjid pesucinan di Gresik Jawa Timur, merupakan masjid tertua di Pulau Jawa yang dibangun oleh Syekh Maulana Malik Ibrahim. Dahulu kala dalam perjalanan dakwahnya, Sunan Gresik singgah di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik  yang dahulu berada dalam kekuasaan kerajaan majapahit. Dalam masa itulah masjid ini dibangun sebagai simbol penyiaran Agama Islam di wilayah Gresik. Memang tak banyak cerita tentang peninggalan Sunan Gresik ini. Nama pesucinan sendiri, dimaksudkan untuk mensucikan masyarakat desa setempat yang dulunya mayoritas beragama Hindu Budha.

Masjid Pesucinan ini dicatat sejarah sebagai masjid tertua karena daerah pertama kali yang di singgahi merupakan desa Sembolo pada tahun 1389 masehi yang berada dalam kekuasaan kerajaan majapahit, yang sekarang berubah menjadi desa Leran, sembilan kilometer dari pusat Kota Gresik. Di sisi utara masjid Pesucinan sampai kini masih ditemukan bebatuan arsenik peninggalan masa kejayaan Masjid Pesucinan. Bahkan, ada satu batu besar yang tepat di depan pagar Masjid sisi timur, yang dipercaya dahulu merupakan bekas batu tempat berlabuhnya kapal.

Air Sumur Peninggalan Sunan Gresik Sebagai Air Penyembuhan

Selain masjid Pesucinan, ada satu lagi peninggalan Sunan Gresik yang tak kalah menarik untuk anda ketahui. Air Sumur yang terdapat di dalam Masjid Pesucinan menjadi air ajaib yang dipercaya oleh Pakar Spiritual sebagai air yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Uniknya, sumber air dalam sumur ini sangat besar dan rasanya tawar, tidak seperti sumur di wilayah desa ini yang semua terasa asin.

Peninggalan Sunan Gresik ini begitu ajaib karena pernah suatu ketika ada seseorang berasal dari Gresik yang mengalami sakit fisik dan sudah lama ia derita. Sudah berobat kemana saja ternyata tak kunjung sembuh. Hingga suatu saat ia datang kepada seorang Pakar Ilmu Spiritual bernama Kang Masrukhan dan dia dianjurkan untuk mengambil air sumur peninggalan Syech Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur.

Dengan dibarengi doa spiritual jarak jauh yang dilakukan Kang Masrukhan, luar biasa orang tersebut berangsur-angsur sembuh. Kang Masrukhan mengatakan bahwa wilayah masjid Pesucinan dan seluruh areanya mengandung energi aura positif yang sangat besar. Hal ini karena kekuatan doa yang pernah dipanjatkan di dalam bangunan suci tersebut.

“Suatu tempat suci pasti memiliki kekuatan spiritual yang sangat besar, dan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan membantu menyembuhkan penyakit, pensucikan diri, menenangkan jiwa bahkan bisa berdoa di sana meminta hajat kita segera terkabul. Insya ALLAH berdoa, berziarah dan bermeditasi di tempat suci itu bisa mempercepat terkabulnya doa-doa”, ujar Kang Masrukhan.

Itulah peninggalan Sunan Gresik yang luar biasa. Semoga bermanfaat untuk anda dan salam sejahtera.

 

364 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Artikel Lainya:

  • doa dan zikir sunan gresik
  • ajaran sunan gresik
  • sumur sejarah di desa leran gresik
  • Sumur Masrukhan
  • pisaka peninggalan sunan gresik
  • masjid tertua peninggalan wali songo
  • masjid sunan gresik
  • keilmuan sunan gre
  • ilmu gaib sunan gresik
  • tampilkan foto makam para sunan di pulau jawa

Tinggalkan Balasan