Pusaka Sunan Gunung Jati, Keris Sanghyang Naga dan Kisah Kesaktiannya

Pusaka Sunan Gunung Jati, Keris Sanghyang Naga dan Kisah Kesaktiannya – Pada jaman dahulu masyarakat Jawa pasti memiliki sebuah benda pegangan untuk menjalani kehidupan. Benda benda ini dianggap bertuah, seperti misalnya keris pusaka, batu akik, mustika dan pedang pedang pusaka. Bukan untuk berperang melainkan sebagai pegangan saja / hanya disimpan saja. Termasuk sang Sunan Gunung Jati. Beliau juga memiliki sebuah pusaka sebagai pegangan. Berawal dari budaya peninggalan kerajaan terdahulu di tanah Jawa, seperti Kerajaan Padjadjaran dan Majapahit. Dari sinilah awal mulanya benda pusaka menjadi popular.

Diawali dari perjuangan walisongo / walisembilan yang menyebarkan Islam ke seluruh Jawa. Dengan memadukan budaya Jawa dan Sunda Bersama budaya Islam akhirnya Islam mudah diterima di masyarakat Karena adanya perpaduan dua budaya yang tidak menyimpang dari ajaran Islam. Termasuk budaya Jawa untuk memiliki pegangan seperti pusaka. Pusaka Sunan Gunung Jati pun tak lepas dari sorotan masyarakat.

Pusaka Sunan Gunung Jati adalah pusaka yang paling terkenal di Cirebon Karena berawal dari pusaka itulah banyak masyarakat Ciberon yang bersedia memeluk agama Islam. Sunan Gunung Jati menyelipkan ajaran Islam dalam kebudayaan Jawa yaitu melalui kabar santer terdengar bahwa pusaka Sunan Gunung Jati sangatlah sakti.

 

Sejarah Asal Muasal Pusaka Sunan Gunung Jati

Pusaka Sunan Gunung Jati yang amat terkenal yaitu Keris Sanghyang Naga. Menurut beberapa naskah klasik dari Cirebon, keris Sangyang Naga ini didapat setelah melakukan tafakur saat Ramadan. Orang Hindu mengenal tafakur ini sebagai bentuk bertapa. Masyarakat Cirebon yang dahulu kala banyak yang memeluk kepercayaan Hindu ini akhirnya tunduk pada ajaran Islam Karena adanya kehebatan keris Pusaka Sunan Gunung Jati yang didapat melalui pertapaan yang dilakukan sang Sunan.

Dalam naskah itu diceritakan, keris tersebut muncul di depan Sunan saat malam Lailatul Qadar. Diceritakan dalam naskah klasik tersebut, pada awalnya keris itu tanpa werangka dan gagang (pegangan pusaka keris). Keris sakti ini dinamakan Sanghyang Naga Karena bersamaan dengan jatuhnya keris ini terdapat satu peristiwa dimana masyarakat seakan melihat jatuhnya Naga / ular besar dari langit. Kemudian, kerangka dan dagangnya dibuatkan oleh Ki Bengkok, salah seorang murid Sunan Gunung Jati.

Pusaka Keris Sanghyang Naga dam Kisah Kesaktiannya

Naskah klasik Cirebon menyebutkan bahwa keris ini sangatlah sakti. Keris pusaka Sunan Gunung Jati inilah yang digunakan sebagai pendamping dalam menaklukkan Jakarta / Sunda Kelapa saat itu. Bahkan keris ini sangat berjasa dalam membuat masyarakat tanah Pasundan memeluk Islam dan seluruh ajarannya.

Mereka meyakini bahwa keris pusaka Sunan Gunung Jati ini sebuah mukjizat, dimana seseorang yang mau dekat dan bertafakur kepada Allah SWT maka akan mendapatkan sebuah kesaktian langsung dari Allah SWT. Kedekatan manusia dengan Tuhannya membuat energi dalam tubuh manusia penuh dengan energi Spiritual Ilahiyah.

Demikian kisah pusaka Sunan Gunung Jati dan sejarahnya. Semoga bermanfaat, BARAKALLAH.

 

Artikel Lainya:

keris pusaka sunan gunung jati, pusaka sunan gunung jati, pusaka sunan ampel, pusaka peninggalan sunan gunung jati, keris sunan gunung jati, crita naga sanghyang dan sunan gunung jati, keris guling muria, artikel pusaka sunan gunung jati, benda peninggalan sunan gunung jati, https://www walisembilan com/pusaka-sunan-gunung-jati-keris-sanghyang-naga-dan-kisah-kesaktiannya/, pusaka sunan giri, nama keris sunan ampel, benda pusaka sunan gunung jati, keris sanghyang naga, sejarah keris guling muria, Pusaka peninggalan para wali songo, keris para wali, Kisah pusaka, peninggalan pusaka wali dan asal usulnya ditemukan, pusaka milik sunan gunung jati, tafakur nya kanjeng sunan gunung jati, sejarah kesaktian pusaka sunan gunung jati, keris kepunyaan sunan gunung jati sang sakti, sejarah keris sunan gunung jati yang awalnya ular besar, khasiat keris sangyang, keris sunan ampel, benda pusaka asal cirebon yang paling terkenal, keris sanghyang, pusaka peninggalan sunan giri, gambar keris pasundan, pusaka walisongo, gambar pusaka pegangan sunan zikir, keris shangyang naga, keris sanghyang naga sunan gunung jati, asal usus sejarah keris sangyang naga cirebon, keris pusaka para wali songo, keris pusaka pendatang rejeki, keris pusaka sunan bonang, asal usul kesaktian sunan gunung jati, keris sanghiang naga bumi, giri jati kisah, benda pusaka milik sunan gunung jati, gambar pusaka wali songo, karoma sunan gnung jati sat brtmu ulr reksasa, keberadaan para pusaka sunan gunung jati, kegunaan keris pusaka gunung jati, kekuasaan pusaka sunan gunung jati, gmbr keris puska pra wali, www benda pusaka sunan gunung jati, benda pusaka peninggalan sunan gunung jati

Tinggalkan Balasan