Silsilah Jaka Tingkir Dan Nasabnya Sebagai Cucu Ke 23 Rasulullah SAW

Silsilah Jaka Tingkir Dan Nasabnya Sebagai Cucu Ke 23 Rasulullah SAW – Jaka Tingkir adalah seorang putera dari Kebo Kenanga dan cucu Adipati Andayaningrat. Adipati Andayaningrat juga dikenal sebagai ‘Syarief Muhammad Kebungsuan’. Sedikit tentang sejarah dari kehidupan Jaka Tingkir yaitu ketika Jaka Tingkir dilahirkan, ayahnya sedang menggelar pertunjukan wayang beber dimana yang menjadi dalangnya yaitu Ki Ageng Tingkir. Kedua Ki Ageng ini tidak lain adalah murid Syekh Siti Jenar. Setelah menjadi dalang dalam acara tersebut, Ki Ageng Tingkir jatuh sakit dan meninggal dunia.

Sepuluh tahun kemudian, Ki Ageng Pengging dihukum mati karena dituduh memberontak Kerajaan Demak. Yang ditunjuk sebagai pelaksana hukuman terhadap Ki Ageng Pangging yaitu Sunan Kudus. Sepeninggal suaminya tersebut, Nyai Ageng Pengging jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia menyusul suami tercinta. Sejak itu, Mas Karebet diambil sebagai anak angkat dari Nyai Ageng Tingkir (janda Ki Ageng Tingkir). Adapun secara silsilah, dapat dijelaskan sesuai bagan di bawah ini :

Nasab Silsilah Jaka Tingkir

Joko tingkir dengan nama asli Mas Karebet, putra Ki Ageng Pengging atau Ki Kebo Kenanga dengan Nyi Ageng Pengging. Sejarah mencatat, nasab dari Adipati Andayaningrat atau Syarief Muhammad Kebungsuan atau yang dikenal juga sebagai Ki Ageng Wuking I adalah sebagai berikut :

Nabi Muhammad SAWSayyidah Fathimah Az-ZahraAl-Imam Sayyidina Hussain → Al-Imam ‘Ali Zainal ‘Abidin → Al-Imam Muhammad Al Baqir → Al-Imam Ja’far As-Sodiq → Al-Imam Al-Imam Ali Uradhi .→ Al-Imam Muhammad An-Naqib .→ Al-Imam ‘Isa Naqib Ar-Rumi → Al-Imam Ahmad al-Muhajir → Al-Imam ‘Ubaidillah → Al-Imam Alawi Awwal → Al-Imam Muhammad Sohibus Saumi’ah → Al-Imam Alawi Ats-Tsani → Al-Imam Ali Kholi’ Qosim → Al-Imam Muhammad Sohib Mirbath → Al-Imam ‘Alawi Ammil Faqih → Al-Imam Abdul Malik Azmatkhan → Sayyid Abdullah Azmatkhan → As-Sayyid Ahmad Shah Jalal → As-Sayyid Asy-Syaikh Jumadil Kubro al-Husaini/ Syekh Jamaluddin Akbar al-Husaini .→ Syarief Muhammad Kebungsuan /ADIPATI  ANDAYANINGRAT /  Ki Ageng Wuking I

Dari nasab silsilah Jaka Tingkir diatas diketahui bahwa Jaka Tingkir adalah keturunan ke – 23 dari Nabi Muhammad SAW. Jaka Tingkir yang begitu terkenal sepak terjangnya dalam dunia kepemimpinan, membawa negeri ini menuju masa depan yang baik. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa karisma kepemimpinan Mas Karebet sungguh luar biasa. Keberaniannya dan sikap bijaksanannya patut kita tiru. Ketokohan seperti Jaka Tingkir saat ini memang jarang sekali kita jumpai, bahkan  hampir pasti tidak ada.

Dimulai dari pengabdiannya terhadap wilayah demak, hingga menjadi Raja di kerajaan Pajang. Pada akhirnya Jaka Tingkir juga mampu menguasai wilayah Jawa Timur. Sampai akhir hayatnya Adiwijaya alias Jaka Tingkir yang meninggal dunia tahun 1582 tersebut. Ia dimakamkan di desa Butuh, yaitu kampung halaman ibu kandungnya. Itulah silsilah Jaka Tingkir yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda, BARAKALLAH.

108 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Artikel Lainya:

  • kesaktian jaka tingkir
  • ki ageng wuking
  • ramalan tahta jaka tingkir

Tinggalkan Balasan