Tata cara sholat tasbih yang baik dan benar

Tata cara mengerjakan sholat tasbih yang baik dan benar

Sholat Tasbih – Tata cara melakukan sholat tasbih adalah sama dengan melakukan shalat sunnah lainnya. Yang berbeda hanya terletak pada niatnya saja. Shalat ini tidak disunnahkan berjamaah. Bila dikerjakan pada waktu malam lebih utama dilakukan 4 rakaat dengan dua kali salam. Namun jika dikerjakan pada waktu siang hari maka dilakukan 4 rakaat dengan satu kali salam.

Tasbih yang dibaca ialah :

tasbih-300x69

2015-05-21_145308

Pengertian dan hukum shalat  tasbih dan tata caranya

shalat tasbih adalah shalat sunah yang maksudnya memperbanyak tasbih kepada Allah SWT dengan cara cara khusus . Pengertian lain dari Shalat tasbih adalah shalat yang di dalamnya banyak membaca tasbih, sehingga dalam 4 rakaat yang dikerjakan itu bacaan tasbih berjumlah 300 tasbih .

Sholat tasbih sangat dianjurkan untuk diamalkan . Kalau bisa dilakukan setiap malam . Jika tidak bisa maka dilakukan sekali seminggu. Jika tidak bisa dilakukan sekali sebulan . Kalau tidak bisa juga dapat dilakukan sekali setahun. Kalau tidak bisa juga dilakukan pada tiap tahun, setidak tidaknya sekali seumur hidup.

 tasbih-karomah

Berikut adalah dalil sholat tasbih

Berdasarkan hadist dari rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dari Ibnu Abbas Ra, sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muthalib sebagai berikut :

2015-05-21_145241

Berikut Cara Prakteknya yang Baik dan Benar :

2015-05-21_145834

Jumlah hitungan tasbih pada setiap rakaat adalah 75 . Dan jika di jumlah bacaan tasbih 4 rakaat maka semua menjadi 300 bacaan tasbih .

 

Niat sholat sunnah tasbih 2 rakaat

niat-taasbih-300x53

“aku berniat shalat sunnah tasbih 2 rakaat karena allah ta’ala”

 

Keutamaan sholat sunnah tasbih

Shalat tasbih adalah shalat sunah yang sangatlah disarankan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk ditangani seperti diterangkan dalam hadis diatas. Bila dapat dikerjakan pada setiap hari jadi lakukanlah. Bila tak dapat mengerjakannya sehari-hari jadi lakukanlah shalat jumat. bila tak dapat lakukan tiap-tiap jum’at jadi lakukanlah setiap bln.. bila tak dapat mengerjakannya jadi lakukanlah setiap th.. bila tak dapat juga mengerjakannya tiap-tiap th., jadi lakukanlah sekali seumur hidupmu.

artikel Lainya :

Bacaan Tasbih

Ilmu Kecerdasan Spiritual

Artikel Lainya:

  • gambar sholat berjamaah walisongo
  • sholat tasbih
  • cara sholat tasbih yang benar
  • gambar shalat tasbihdan keterangan