Wasiat Sunan Kalijaga Dalam Kata Bijak dan Ilmu Kebatinan

Wasiat Sunan Kalijaga Dalam Kata Bijak dan Ilmu Kebatinan – Salah satu anggota walisongo yang menjadi kiblat keilmuwan Islam Kejawen adalah Sunan Kalijaga. Beliau banyak mengajarkan ilmu-ilmu hikmah, ilmu spiritual, ilmu kejawen dan terlebih ilmu kehidupan berdasarkan pengetahuan agama yang didalami beliau. Sunan Kalijaga banyak memberikan wejangan pada murid-muridnya. Bahkan sampai sekarang wejangan tersebut terlukis indah dalam kata kata bijak Sunan Kalijaga. Inilah yang kemudian banyak dikatakan oleh orang sebagai wasiat Sunan Kalijaga.

Wasiat Sunan Kalijaga ini banyak sekali bentuknya. Wasiat tersebut bahkan terkandung dalam suluk, kata kata bijak dan ilmu kebatinan Sunan Kalijaga. Adapun kata kata yang dijadikan wasiat dari Sunan Kalijaga adalah sebagai berikut.

Kata Kata Bijak Wasiat Sunan Kalijaga

“Yen wis tibo titiwancine kali-kali ilang kedunge, pasar ilang kumandange, wong wadon ilang wirange, mangka enggal – enggala tapa lelana njlajah desa milang kori patang sasi aja ngasik balik yen durung oleh pituduh saka Gusti Allah”

ARTINYA :

“Jika sudah tiba zamannya dimana sungai-sungai hilang kedalamannya (banyak orang berilmu tidak mengamalkan ilmunya), pasar hilang gaungnya (pasar orang beriman adalah masjid, jika masjid-masjid tak ada adzan), wanita-wanita hilang malunya (tidak menutup aurat), maka cepat-cepatlah kalian keluar empat bulan dari desa ke desa (dari kampung ke kampung) dari pintu ke pintu (dari rumah ke rumah untuk berdakwah) janganlah pulang sebelum mendapat hidayah Allah SWT.”

Sebagaimana wasiat Sunan Kalijaga tersebut ternyata sangat sinkron dengan keadaan di era modern sekarang ini. Dengan kondisi sekarang, sebuah keadaan dimana zaman mulai meninggalkan etika dan moral manusia itu sendiri yang telah banyak menimbulkan pertengkaran antar sesama umat manusia. Kita seharusnya bisa mempelajari lebih dalam ajaran-ajaran waliyulloh sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sekaligus menjadi manusia yang berkualitas dan penuh keberkahan-Nya di dunia.

Tak adanya etika ini pun membuat kehidupan manusia itu sendiri menjadi kurang berkah, kurang mendapatkan ridho dari ALLAH SWT. Maka sebab itulah wasiat Sunan Kalijaga ini dituangkan dalam keilmuwan yang beliau tinggalkan. Keilmuwan ini meliputi ILMU LADUNI, ILMU ASMAK, ILMU MATA BATIN, ILMU KEJAWEN dan lain sebagainya.

Ingin tahu bagaimana cara belajar ILMU SUNAN KALIJAGA? YUK KLIK DISINI!

Demikian wasiat Sunan Kalijaga yang tertuang dalam kata kata bijak dan ilmu kebatinan yang dimiliki beliau. Semoga bermanfaat, BARAKALLAH.

 

Artikel Lainya:

ilmu kebatinan sunan kalijaga, kata kata romantis sunan kalijaga, kata kata sunan kalijaga, kata mutiara sunan kalijaga, kata bijak sunan kalijaga, kata kata bijak sunan kalijaga, Kata kata sunan kali jaga, https://www walisembilan com/wasiat-sunan-kalijaga-dalam-kata-bijak-dan-ilmu-kebatinan/, pesan sunan kalijaga kepada muridnya, kata kata wali songo, kata motivasi sunan kalijaga, kata kata sunan, kata mutiara wali songo, wejangan wali songo tentang kehidupan, wejangan sunan kalijaga kepada muridnya, kata bijak wali songo, puisi sunan kalijaga, kata bijak sunan kali jaga, kata sunan kalijaga, kata kata mutiara sunan kalijaga, kata bijak sunan muria, wasiat sunan kalijaga, kata bijak sunan, manunggaling kawula gusti sunan kalijaga, petuah sunan kalijaga, kata kata sunan bonang, kata kata walisongo, kata kata Sunan kalijogo, kata mutiara sunan ampel, kata mutiara sunan kali jaga, kata kata bijak sunan kali jaga, kata kata bijak sunan, kata mutiara sunan, pepatah sunan kalijaga, wejangan para wali songo, kata mutiara sunan kudus, kata bijak sunan giri, kata kata bijak wali songo, kata kata sunan kudus, kata bijak sunan kalijogo, kata kata jawa sunan kalijaga, Kata bijak walisongo, pepatah sunan kali jaga, kata kata ilmu kebatinan, Kata bijak sunan bonang, kata sunan, kata kata sunan ampel, kata2 sunan kali jaga, kata2 sunan kalijaga, pesan para wali songo

Tinggalkan Balasan